close

Azas Le Chatelier

Advertisement

Azas Le Chatelier – Topik ini membahas tentang Azas Le Chatelier untuk memperediksi arah sebuah reaksi pada sistem dalam ekuilibrium.

Henri Le Chatelier adalah seseorang yang pertama kali mengemukakan bagaimana sebuah perubahan pada konsentrasi, temperatur dan tekanan mempengaruhi ekuilibrium dinamis. Menurut Azas Le Chatelier : Jika sebuah perubahan kecil muncul dalam sistem pada ekuilibrium dinamis, maka ekuilibrium akanbergeser untuk meminimalisir dampak perubahan.

Perubahan pada Konsentrasi

Contoh: 

H2+J22HJ

JIka kita menambah konsentrasi H2, maka ekuilibrium bergerak ke kanan karena sistem akan meminimalisir dampak perubahan (sebagaimana disebutkan dalam Azas Le Chatelier). Jadi, H2 bereaksi dengan J2 untuk membentuk HJ dan meminimalisir peningkatan konsentrasi H2. 

Jika kita menambahkan HJ, maka ekuilibrium bergeser ke kiri untuk meminimalisir peningkatan konsentrasi HJ.

Perubahan pada Temperatur

Contoh: 

2NO2(g)exothermicendothermicN2O4(g)

Jika terdapat peningkatan pada temperatur, maka hal ini akan menggeser ekuilibrium ke arah reaksi endotermis. Reaksi endotermis mengikat panas dan pergeseran ekuilibrium ke arah reaksi endotermis akan meminimalisir peningkatan pada temperatur. JIka temperatur menurun, maka ini akan menggeser ekuilibrium ke arah reaksi eksotermis, karena reaksi eksotermis melepaskan panas dan akan meminimalisir penurunan pada temperatur.

Perubahan pada Tekanan

Contoh:

N2(g)+2O2(g)2NO2(g)

Volume gas dapat dikurangi dengan meningkatkan tekanan. Sebagai hasil dari penurunan volume gas, tumbukan molekul menjadi lebih sering terjadi dan bereaksi bersama. Hal ini akan menyebabkan peningkatan laju reaksi. Jadi, perubahan pada tekanan membuat ekuilibrium bergeser hanya pada reaksi kimia yang melibatkan gas. Ekuilibrium bergeser ke sisi dengan angka mol lebih kecil, karena ia meminimalisir peningkatan pada tekanan.

Pada contoh, peningkatan tekanan menggeser ekuilibrium ke kanan.

Perubahan tekanan tidak berpengaruh jika terdapat angka yang sama di kiri dan kanan persamaan. 

Katalisator

Katalisator tidak mempengaruhi ekuilibrium dinamis, karena mereka meningkatkan laju reaksi langsung dan laju reaksi tidak langsung.

Advertisement
Azas Le Chatelier | Admin | 4.5