close

Benua Australia Beserta Corak Alam dan Kehidupannya

Advertisement

Benua Australia Beserta Corak Alam dan Kehidupannya – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan memahami mengenai letak Benua Australia beserta corak alam dan kehidupannya.

BENUA AUSTRALIA

Benua Australia adalah benua yang paling kecil dengan kondisi alam yang di beberapa wilayahnya memiliki persamaan dengan daerah di Indonesia. Bagaimanakah berbagai aspek keberadaan Benua Australia ? Berikut penjelasannya.

Australia adalah benua yang paling kecil bila dibandingkan dengan benua-benua lainnya di dunia. Penemuan Benua Australia terbagi dalam beberapa proses, yaitu :
1) Tahun 1606, disebut Teluk Carpenaria oleh seorang berkebangsaan Belanda, Willem Jansz.
2) Tahun 1644, ditemukan oleh Abel Tasman, seorang Belanda, yang menemukan Tasmania dan Selandia Baru.
3) Tahun 1770, ditemukan oleh seorang Inggris bernama James Cook, yang mendapati bahwa Selandia Baru terdiri dari dua pulau berbeda dan kemudian dijadikan daerah jajahan Inggris.
4) Tahun 1786, wilayah Australia digunakan oleh Kerajaan Inggris sebagai tempat pengasingan para pelaku kejahatan. Namun, pasca penemuan tambang emas di Australia, kegiatan ini dihentikan.

Australia terletak di 90 LS dan 450 LS dan 1130 BT-1540 BT. Di sebelah utara, berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafura dan Laut Koral, sementara di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, sedangkan sebelah timur dibatasi Samudera Pasifik. Tercatat berdasarkan data terakhir, Benua Australia memiliki luas 7.682.300 km2. Benua Australia terbagi menjadi tujuh negara bagian, yaitu :
1. New South Wales, dengan ibukotanya ialah Sydney.
2. Victoria, dengan ibukotanya ialah Melbourne.
3. Queensland, dengan ibukotanya ialah Brisbane.
4. Australia Barat, dengan ibukotanya ialah Perth.
5. Australia Selatan, dengan ibukotanya ialah Adelaide.
6. Tasmania, dengan ibukotanya ialah Hobart.
7. Australia Utara, dengan ibukotanya ialah Darwin.

Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris dengan agama masyarakatnya adalah Katolik, Kristen, Islam, Yahudi, dan Buddha.

Australia disebut juga benua yang paling datar di dunia, karena minimnya perubahan relief bumi di Benua ini. Sebagian besar dari benua adalah plato rendah dengan pembagiannya menjadi kawasan bentang alam berikut :
1. Plato barat
Kawasan ini dulu merupakan dataran tinggi namun perlahan terkikis karena erosi. Saat ini kawasannya mencakup pegunungan-pegunungan yang rendah. Batu-batuan di kawasan ini terbentuk jauh di dalam bumi karena suhu dan tekanan yang sangat besar. Sebagian besar daerahnya adalah gurun pasir dan jarang dijumpai sungai.
2. Dataran Rendah Tengah
Terbentuk dari endapan yang membentang dari pantai utara Teluk Carpentaria ke selatan daerah Sungai Murray dan Sungai Darling. Pada kawasan ini, banyak dijumpai cekungan sehingga memungkinkan adanya sungai yang bersifat tidak tetap dan hanya mengalir jika ada hujan.
3. Dataran Tinggi Timur
Dikenal dulunya sebagai Pegunungan Pemisah Besar. Terbentuk karena erosi dari gunung-gunung tua.
4. Dataran Rendah Pantai Barat
Dataran ini terjadi sebagai akibat dari adanya tekanan di pantai barat Benua Austalia sehingga membentuk sebuah dataran pantai.
5. Dataran Rendah Pantai Timur
Dataran ini juga terbentuk dari tekanan di sepanjang Pantai Timur, sehingga menimbulkan kawasan dataran rendah pantai yang sempit.
6. Paparan Benua
Di kawasan Australia terdapat kawasan laut dangkal dan dasar samuderanya membentuk suatu shelf yang disebut paparan benua. Di atas paparan benua tersebut, terdapat biota terumbu karang, tepatnya di pantai tropis Queensland.

Berdasarkan letak geografisnya, Australia terbagi menjadi tiga wilayah iklim dengan keunikan flora dan faunanya masing-masing, yaitu :
1. Wilayah utara beriklim tropis banyak ditumbuhi hutan hujan tropis, iklimnya hampir sama seperti kondisi iklim Indonesia.
2. Wilayah selatan beriklim subtropis banyak dijumpai sabana (padang rumput bersemak), kaktus, dan eucalyptus.
3. Pulau Tasmania beriklim sedang sehingga memungkinkan perkembangan usaha pertanian.

Benua Australia adalah bagian dari negara persemakmuran Inggris dengan bentuk negara Kerajaan Konstitusional. Australia terkenal dengan kebijakan imigrasinya White Australian Policy, yang menyebutkan mereka menerima migran sebanyak-banyaknya asalkan berkulit putih, kecuali pekerja Cina atau Jepang. Pengecualian ini dilakukan dengan pertimbangan :
1. Murahnya upah pekerja Cina dan Jepang dapat menurunkan daya saing bagi pekerja Austalia.
2. Orang Asia, terutama Cina dan Jepang umumnya memiliki tingkat populasi tinggi sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan masalah nantinya.

Untuk corak kehidupan masyarakatnya sendiri, Australia adalah negara urutan kelima dunia dalam pertambangan emas. Selain tambang, sektor pertanian dan peternakan juga menjadi mata pencaharian bagi masyarakatnya. Bahkan, dalam beberapa waktu belakangan, sektor industri mereka juga mencapai angka pertumbuhan yang baik karena adanya campur tangan dari pemerintah berupa beberapa kebijakan, yaitu :
1. Cukai impor tinggi, kecuali terhadap Inggris.
2. Larangan impor terhadap produk tertentu.
3. Subsidi untuk industri dalam negeri.

RANGKUMAN

1) Benua Australia sebagai benua terkecil disebut sebagai daerah minim relief.
2) Beberapa jenis flora dan fauna di Australia memiliki kesamaan dengan yang ada di wilayah Indonesia.
3) Benua Australia adalah bagian dari negara persemakmuran Inggris dengan bentuk negara Kerajaan Konstitusional.

Advertisement
Benua Australia Beserta Corak Alam dan Kehidupannya | Admin | 4.5