close

Berpidato, Berceramah, Berkhotbah dengan Baik

Advertisement

Berpidato, Berceramah, Berkhotbah dengan Baik – Pada topik ini, siswa diharap dapat berpidato/berceramah/berkhotbah yang baik dengan memperhatikan aspek-aspek penting dalam pidato/ceramah/khotbah.

Pengertian Pidato, Khotbah, dan Ceramah
Pidato adalah ungkapan pikiran seseorang yang disampaikan dalam bentuk kata-kata secara langsung di depan khalayak ramai. Pidato dapat juga disebut sebagai khotbah atau ceramah. Khotbah atau ceramah biasanya berisi materi-materi kegamaan, seperti khotbah Jumat.

Jenis Pidato
Berdasarkan isi dan tujuannya, pidato terdiri atas beberapa jenis berikut ini.

1. Pidato Persuasif
Pidato persuasif adalah pidato yang disampaikan dengan maksud mengajak atau mendorong pendengarnya untuk menerima atau meyakini materi pidato yang disampaikan. Contoh: pidato keagamaan, khotbah Jumat, dan pidato kampanye.
2. Pidato Informatif
Pidato informatif adalah pidato yang disampaikan dengan maksud memberikan informasi apa adanya tentang materi yang disampaikan. Contoh: pidato laporan pertanggungjawaban, pidato peresmian gedung sekolah, dan pidato sambutan.
3. Pidato Rekreatif
Pidato rekreatif adalah pidato yang disampaikan dengan tujuan menghibur pendengarnya agar bahagia. Contoh: pidato hiburan di acara tertentu.

Teknik Pidato
Berdasarkan teknik penyampaiannya, pidato memiliki beberapa macam sebagai berikut:

  1. Impromptu (spontan), yaitu pidato yang dilakukan secara spontan tanpa naskah. Dengan teknik ini, seseorang tidak perlu mempersiapkan atau membaca naskah, seperti pidato sambutan acara kenaikan kelas;
  2. Menghafal, yaitu pidato dengan teknik menghafal naskah yang telah disiapkan sebelumnya;
  3. Naskah, yaitu pidato yang dilakukan dengan membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya;
  4. Ekstemporan, yaitu pidato yang menggunakan catatan berupa pokok-pokok materi yang akan disampaikan. Dengan teknik ini, seseorang hanya perlu menyiapkan pokok-pokok materi yang akan disampaikan lalu mengembangkannya saat berpidato (improvisasi)

Aspek Penting dalam Pidato/Khotbah/Ceramah
Sebagai sebuah komunikasi lisan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat berpidato agar pidato yang disampaikan menjadi baik. Berikut hal yang harus diperhatikan agar menghasilkan pidato/khotbah/ceramah yang baik:

  1. Intonasi, yaitu ketepatan tinggi rendahnya suara seseorang saat berpidato;
  2. Artikulasi, yaitu kejelasan pengucapan kata-kata saat berpidato;
  3. Volume, yaitu tingkat kenyaringan suara seseorang saat berpidato;

Pidato/Khotbah/Ceramah yang Baik
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar dapat berpidato/berceramah/berkhotbah dengan baik:

  1. Melakukan persiapan dengan matang. Persiapan pidato meliputi naskah atau kerangka pidato yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan;
  2. Melakukan latihan dengan cukup untuk menghindari gugup saat berpidato;
  3. Berpenampilan yang baik dan rapi;
  4. Memperhatikan intonasi, artikulasi, dan volume suara saat berpidato;
  5. Menghidupkan suasana, seperti mengajak pendengar berinteraksi atau diselingi humor;
  6. Memberikan rangkuman singkat saat hendak menutup pidato.

Perhatikan Contoh

Contoh Pidato Singkat
Bacalah pidato singkat berikut dengan intonasi, artikulasi, dan volume yang tepat!

Saudara-saudara yang saya hormati,
Pertama, mari kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita senantiasa diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama seperti ini saat ini. Pada kesempatan kali ini, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, saya ingin berbicara mengenai pentingnya menjaga lingkungan, dimulai dari lingkungan yang paling kecil dan dekat dengan kita, yaitu rumah dan sekolah.
Saudara sekalian,
Kita sering mendengar banyak daerah di negara ini yang rentan terkena musibah banjir. Bahkan, ada beberapa daerah yang setiap tahunnya hampir selalu banjir saat musim hujan. Hal tersebut tentu merupakan musibah yang tidak dapat dielakkan. Namun, tahukan bahwa musibah yang besar itu bisa jadi bermula dari kebiasaan kecil yang kita lakukan di lingkungan terdekat kita, yaitu rumah dan sekolah. Kebiasaan itu adalah membuang sampah sembarangan.
Oleh karena itu, saya mengimbau kepada semua rekan untuk bersama-sama membangun kesadaran. Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Mulai tanamkan dalam diri kita untuk tidak lagi membuang apapun di tempat yang tidak semestinya. Saat kita berada di jalan, di kendaraan, saat tidak ditemukan tempat sampah, maka lebih baik kita simpan sampah tersebut sampai menemukan tempat sampah. Semoga dengan langkah kecil ini, musibah banjir tidak terjadi lagi.
Sekian pidato saya. Terima kasih atas segala perhatiannya. Mohon maaf jika ada kesalahan.

Poin Penting

  1. Pidato adalah ungkapan pikiran seseorang yang disampaikan dalam bentuk kata-kata secara langsung di depan khalayak ramai;
  2. Pidato dapat juga disebut sebagai khotbah atau ceramah, khususnya jika materi yang disampaikan adalah tentang keagamaan;
  3. Berdasarkan isi dan tujuan, pidato dibedakan menjadi tiga: persuasif, informatif, dan reakreatif;
  4. Berdasarkan teknik penyampaiannya, pidato terdiri atas impromptu, menghafal, naskah, dan ekstemporan;
  5. Aspek penting yang harus diperhatikan saat berpidato/berceramah/berhotbah adalah intonasi, artikulasi, dan volume suara;
  6. Perlu dilakukan persiapan matang agar dapat berpidato/berkhotbah/berceramah yang baik.
Advertisement
Berpidato, Berceramah, Berkhotbah dengan Baik | Admin | 4.5