close

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis – Pada topik sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang mekanisme fotosintesis, tetapi kita belum mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis agar proses tersebut dapat berlangsung? Oleh karena itu, mari kita simak ulasan berikut ini.

Seperti halnya hewan, tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi, misalnya air dan kelembapan, suhu, cahaya, serta tanah. Proses fotosintesispun juga memerlukan faktor-faktor pendorong agar dapat terjadi.

Tumbuhan dalam melaksanakan fotosintesis ini sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar).

1. Faktor Internal

a. Klorofil
Warna hijau pada daun itu disebabkan karena adanya kandungan klorofil. Untuk membentuk klorofil, tumbuhan membutuhkan sejumlah ion Mg (magnesium), N (nitrogen), dan Fe yang diambil dari dalam tanah oleh akar. Klorofil merupakan bagian yang sangat penting dalam proses fotosintesis karena klorofil mampu mengubah energi kimia sehingga proses fotosintesis dapat berjalan. Akan tetapi jika daun sudah menguning berarti kadar klorofil pada daun sudah berkurang dan akan menurunkan laju fotosintesis.

b. Jumlah dan kedudukan daun terhadap cahaya
Jika pada tumbuhan itu mempunyai jumlah daun yang banyak dan permukaan daun yang menghadap ke matahari, maka memungkinkan terjadinya proses fosintesis menjadi lebih efektif.

c. Bentuk dan struktur daun
Bentuk dan struktur daun juga dapat mempengaruhi jalannya fotosintesis. Jika tumbuhan mempunyai daun yang berbentuk tipis dan lebar maka akan mampu menerima cahaya dalam jumlah yang banyak.

d. Anatomi daun
Daun mempunyai stomata yang dapat memudahkan dalam proses pertukaran udara dan transpirasi karena daun telah mempunyai banyak rongga udara pada jaringan spons sehingga tersedia cadangan udara untuk bahan fotosintesis.

2. Faktor Eksternal

a. Air
Jika tumbuhan kekurangan air maka tumbuhan akan terlihat menjadi layu sehingga stomatanya cenderung menutup. Akibatnya difusi karbondioksida dari udara akan terhambat.

b. Cahaya
Cahaya matahari merupakan sumber energi yang paling besar dan cahaya matahari ini tidak akan habis. Cahaya matahari merupakan sumber energi untuk fotosintesis. Fotosintesis tidak akan berjalan tanpa adanya sinar matahari karena klorofil pada daun tidak mampu mereaksikan air dan karbon dioksida. Cahaya itu akan diserap pada bagian mesofil daun yang banyak mengandung klorofil.

c. Suhu
Suhu bersifat termolabil dan hanya bekerja pada suhu optimum. Jika suhu naik 10 ⁰C, kerja enzim juga akan meningkat dua kali lipat. Akan tetapi jika suhu terlalu tinggi justru akan merusak enzim. Suhu mempengaruhi kerja enzim pada proses fotosintesis. Enzim yang berperan dalam fotosintesis adalah rubisco dan cytochrom. Tumbuhan akan berfotosintesis dengan baik jika suhu berada pada kisaran 10 ⁰C – 35 ⁰C.

d. Oksigen
Kenaikan kadar oksigen dapat menghambat fotosintesis karena oksigen merupakan komponen untuk respirasi.

e. Konsentrasi karbondioksida
Karbondioksida juga berpengaruh terhadap fotosintesis karena ketersediaannya terbatas. Jika konsentrasi karbondioksida tidak mencukupi maka dapat menurunkan laju fotosintesis.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Fotosintesis | Admin | 4.5