close

Gelombang Longitudinal

Gelombang Longitudinal – Pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang gelombang transversal. Pada topik kali ini kalian akan belajar tentang gelombang longitudinal. Apakah yang dimaksud gelombang longitudinal? Bagaimanakah arah getar gelombang longitudinal? Untuk mempelajarinya, simak ulasan berikut ini.

Gelombang longitudinal adalah gelombang mekanik yang arah getarnya searah dengan arah rambatnya. Gelombang ini tidak memiliki bukit dan lembah namun memiliki rapatan dan regangan. Rapatan dan regangan merambat searah atau berlawanan arah dengan arah getar. Contoh dari gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi yang merambat di udara, gelombang pada pegas, dan sebagainya.

Jika pegas mengalami osilasi (gerakan ke atas dan ke bawah), maka gelombang longitudinal akan berjalan sepanjang pegas tersebut. Koil-koil pada pegas bergerak bolak balik sepanjang pegas. Gelombang longitudinal pada pegas yang diregangkan memiliki arah rambatan searah dengan arah getarnya.

Gelombang longitudinal yang digetarkan akan menghasilkan regangan dan rapatan sesuai dengan gambar di bawah ini.

W1siZiIsIjIwMTUvMDQvMDUvMjIvMTQvNTMvNjk0L0xvbmdpdHVkaW5hbC5wbmciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XV0 Gelombang Longitudinal

Jarak A ke B adalah panjang gelombang.
Jarak C ke D adalah rapatan.
Jarak E ke F adalah regangan.

Ciri-ciri gelombang longitudinal adalah adanya rapatan dan regangan gelombang. Panjang gelombang (λ) adalah jarak antara satu rapatan dan satu regangan atau jarak dari ujung regangan yang satu dengan ujung regangan yang lain. Panjang gelombang juga dapat didefinisikan sebagai jarak antara dua rapatan yang berdekatan atau dua regangan yang berdekatan. Saat kita memompa gas pada ban, tekanan yang diakibatkan alat tersebut akan membuat partikel-partikel gas dalam pompa membentuk rapatan dan regangan sehingga mendorong gas keluar.

Dalam perambatannya, gelombang membawa energi. Energi gelombang adalah energi yang dipindahkan oleh gelombang. Contohnya pada gelombang bunyi, semakin besar energi dibawa maka semakin nyaring bunyi yang ditimbulkan. Gelombang ini membutuhkan medium untuk merambat, akan tetapi medium tersebut tidak ikut merambat.

Contoh Soal

Terdiri dari berapa panjang gelombangkah dua rapatan dan tiga regangan sebuah pegas ?

Penyelesaian
Satu panjang gelombang sama dengan satu rapatan dan satu regangan. Setengah panjang gelombang sama dengan satu rapatan atau satu regangan. Jadi, dua rapatan dan tiga regangan adalah (dua rapatan dan dua regangan) + satu regangan terdiri dari 2λ + 12 λ = 32 λ.

 

Gelombang Longitudinal | Admin | 4.5