close

Jenis-Jenis Cerita Pengalaman

Advertisement

Jenis-Jenis Cerita Pengalaman – Siswa dapat menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

Dalam pembelajaran kali ini, kalian akan belajar tentang jenis-jenis cerita pengalaman. Tujuannya adalah agar kalian dapat menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat. Dengan begitu, cerita pengalaman yang kalian bagikan kepada orang lain menjadi lebih menarik.

Kalian pernah menceritakan pengalaman kepada orang lain? Pengalaman apa yang kalian ceritakan kepada teman, sahabat atau saudara kalian tersebut? Pengalaman lucu, menyenangkan, menjengkelkan, menyedihkan, atau memalukan? Apapun cerita pengalaman yang kalian ceritakan, tentu orang lain yang mendengarnya bisa mengambil hikmah dari cerita kalian tersebut.

Cerita pengalaman bisa diartikan sebagai sebuah cerita yang berdasarkan pengalaman seseorang. Cerita tersebut bukan khayalan, tapi kenyataan yang terjadi dan dialami oleh seseorang. Ada berbagai jenis cerita pengalaman yang ada, berdasarkan isi dari cerita pengalaman tersebut.

Berikut ini beberapa jenis cerita pengalaman.

• Cerita Pengalaman Lucu
Jenis cerita pengalaman yang lucu merupakan cerita pengalaman yang paling sering diceritakan kepada orang lain, Tak jarang cerita pengalaman ini mengundang gelak tawa. Misalnya saja cerita tentang seseorang yang marah-marah karena mencari pensilnya yang tak kunjung ditemukan, padahal pensilnya ada di atas daun telinganya.

• Cerita Pengalaman Aneh
Ada juga jenis cerita pengalaman aneh. Mengapa dikatakan aneh? Bisa jadi cerita tersebut sangat jarang terjadi. Misalnya saja pengalaman bertemu dengan makhluk gaib atau keanehan lain. Bukan hanya pendengar yang merasa tidak percaya dengan kejadian aneh ini, tapi orang yang mengalaminya pun sering kali bertanya-tanya seakan tidak mempercayai hal tersebut terjadi.

• Cerita Pengalaman Mengharukan
Cerita pengalaman mengharukan ini bisa jadi kalian sendiri mengalaminya. Sering kali, para pelaku menangis saking terharunya. Bahkan, para pendengar cerita pun bisa jadi menangis terharu mendengarnya. Misalnya saja ketika ada seseorang yang ingin sekali pergi umrah. Ia menabung sedikit demi sedikit. Di tengah usahanya tersebut, ia malah ditimpa musibah, kebakaran misalnya. Namun, tiba-ttiba ada seorang dermawan yang menawarkan untuk membiayai orang tersebut pergi ke Mekkah. Bahkan, bukan hanya pergi umrah, tapi untuk pergi berhaji. Pengalaman seperti ini tentu membuat siapapun terharu.

• Cerita Pengalaman Mendebarkan
Cerita pengalaman lain yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang adalah cerita pengalaman mendebarkan. Saat terjadi peristiwa tersebut, jantung berdebar kencang. Jumlah detak jantung meningkat menjadi ribuan kali. Misalnya saja, pengalaman naik pesawat tempur untuk pertama kalinya. Peristiwa ini tentu akan membuat jantung kalian berdebar kencang.

• Cerita Pengalaman Memalukan
Siapa yang pernah mengalami kejadian memalukan? Misalnya saja kejadian ketika salah menarik tangan orang lain yang disangka adalah seorang teman. Bisa juga pengalaman terjatuh dari angkutan kota ketika hendak turun. Hal ini tentu akan membuat si pelaku malu.

• Cerita Pengalaman Menyakitkan
Kalian pernah merasa sakit hati? Kalian tentu akan sangat sulit melupakannya. bahkan, hingga kapan pun rasanya rasa sakit tersebut akan terus terasa. Misalnya saja, pengalaman dikucilkan oleh teman-teman sekelas, disebut pembohong oleh sahabat sendiri lantaran terjadi kesalahpahaman, dan sebagainya. Kejadian-kejadian menyakitkan seperti ini sering kali terjadi dan dialami oleh orang banyak.

• Cerita Pengalaman Menyenangkan
Dalam cerita ini, pelaku mengalami hal-hal yang menyenangkan atau membahagiakan seperti menjadi juara, mendapatkan hadiah, bertemu dengan artis idola, dan sebagainya. Cerita menyenangkan ini sering kali menjadi cerita yang paling banyak diceritakan.

Cerita-cerita pengalaman ini sering diceritakan kepada orang lain dengan tujuan agar orang lain dapat mengambil hikmah dari cerita tersebut. Bisa juga diceritakan karena agar pelaku merasa lega setelah menceritakan kejadian tersebut. Misalnya, kejadian yang menyakitkan. Seseorang memang bisa merasa lega dan lebih baik setelah menceritakan kejadian menyakitkan yang dialaminya kepada orang lain misalnya kepada sahabat, saudara, atau teman dekat.

Poin Penting

• Cerita pengalaman adalah cerita yang berdasarkan pengalaman nyata yang dialami oleh seseorang.

• Jenis cerita pengalaman terbagi menjadi beberapa, antara lain cerita pengalaman lucu, aneh, menyakitkan, memalukan, mengharukan, menyenangkan, dan mendebarkan.

• Cerita pengalaman sering diceritakan kepada orang lain dengan tujuan agar orang lain dapat mengambil hikmah atas kejadian tersebut.

• Cerita yang menyakitkan biasanya diceritakan kepada orang lain agar si pelaku merasa lega dan lebih baik.

Advertisement
Jenis-Jenis Cerita Pengalaman | Admin | 4.5