close

Kata Penghubung Konsekutif

Kata Penghubung Konsekutif – Siswa dapat menggunakan kata hubung konsekutif dengan baik dan benar.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMjYvMDIvMjcvMTAvNjY3L1NjcmVlbiUyMFNob3QlMjAyMDE1LTA2LTI2JTIwYXQlMjA5LjMzLjQ3JTIwQU0ucG5nIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCI2MDB4XHUwMDNlIix7fV1d Kata Penghubung Konsekutif

(sumber gambar: www.flickr.com)
Perhatikan rangkaian gambar di atas! Bila kita amati dengan saksama dan menggabungkan gambar-gambar tersebut satu demi satu, akan membentuk sebuah cerita kejadian sebab – akibat.

Contoh kalimat yang dapat dibuat dari gambar tersebut adalah “Awan berarak-arak kehitaman di angkasa diiringi petir. Hujan turun selama beberapa jam sampai banjir”.
Dalam salah satu kalimat di atas terdapat konjungsi (kata penghubung) konsekutif. Konjungsi konsekutif yaitu kata ‘sampai’.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang Konjungsi Konsekutif. Konjungsi konsekutif ialah kata penghubung yang menyatakan akibat. Contoh konjungsi konsekutif ialah kata sampai, sehingga, dan akhirnya.

Contoh 1:
Pertandingan basket antar-SMA se-Surabaya akan diadakan dua hari lagi, tepatnya Minggu, 14 Juni 2015 sehingga panitia harus bekerja ekstrakeras satu minggu agar kegiatan berjalan dengan lancar.

Bila kita amati kalimat di atas, terdapat konjungsi sehingga dan agar. Perbedaan keduanya terletak pada ….
• Konjungsi sehingga merupakan konjungsi kosekutif.
Klausa 1 : Pertandingan persahabatan basket antarsekolah se-Surabaya akan diadakan dua hari lagi, tepatnya Minggu, 14 Juni 2015.
Klausa 2 : panitia harus bekerja ekstrakeras satu minggu agar kegiatan berjalan dengan lancar.
Klausa ke-1 dan ke-2 di hubungkan dengan kata sehingga.

• Konjungsi ‘agar’ merupakan konjungsi tujuan.
Panitia harus bekerja ekstrakeras – kegiatan berjalan lancar: untuk menghubungkan dua klausa ini dibutuhkan konjungsi yang bermakna tujuan, yaitu agar

Contoh 2:
Mari kita amati susunan kalimat di bawah ini dengan cermat!
a. Dara menjadi siswa berprestasi di sekolahnya sehingga ia langsung menangis terharu.
Klausa ke-1 : Dara menjadi siswa berprestasi di sekolahnya
Klausa ke-2 : ia langsung menangis terharu

b. Karyawan P.T Maju Makmur kecewa atas tindakan mem-PHK 100 orang karyawan tanpa pemberitahuan. Akhirnya, mereka mengadakan aksi tutup jalan selama 24 jam.
Kalimat ke-1 : Karyawan P.T Maju Makmur kecewa atas tindakan mem-PHK 100 orang karyawan tanpa pemberitahuan.
Kalimat ke-2 : mereka mengadakan aksi tutup jalan selama 24 jam.

Kalimat pada contoh a dan b masing-masing terdiri atas dua buah kalimat yang dihubungkan dengan konjungsi konsekutif ‘sehingga’ dan ‘akhirnya’.
Kalimat pertama mengandung kta hubung konsekutif intrakalimat sedangkan kalimat kedua menggunakan kata hubung konsekutif antarkalimat.

Point Penting

  1. Konjungsi konsekutif ialah kata penghubung yang menyatakan akibat.
  2. Konjungsi konsekutif antarkalimat biasanya terdapat pada kalimat majemuk bertingkat karena terdiri dari dua buah kalimat yang menyatakan akibat dari sebuah peristiwa.
  3. Macam-macam konjungsi konsekutif ialah sehingga, sampai, dan akhirnya.
  4. Kalimat yang memakai konjungsi konsekutif antarkalimat terdiri atas dua buah kalimat atau lebih. Kalimat pertama merupakan peristiwa (kejadian) dan kalimat kedua merupakan akibat.
Kata Penghubung Konsekutif | Admin | 4.5