close

Keberadaan Negara Meksiko dari Berbagai Aspeknya

Keberadaan Negara Meksiko dari Berbagai Aspeknya – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami keberadaan negara Meksiko dari berbagai aspeknya.

MEKSIKO

Negara Meksiko merupakan negara yang sedang berkembang, terletak di Amerika Tengah dengan luas keseluruhan 1.958.201 km2. Bagaimanakah keberadaan negara Meksiko ? Mari simak bahasan berikut.

Meksiko dijajah oleh Spanyol hampir tiga abad lamanya. Meksiko baru mencapai kemerdekaan yang hakiki dan menjadi negara Republik pada tanggal 27 September 1823 dengan Presiden pertamanya Antonio Lopez De Santa Anna.

Secara astronomis, Meksiko terletak pada 14o LU – 33o LU dan 86o BB – 117o BB. Secara geografis, Meksiko memiliki batas-batas wilayah berikut :
• Sebelah utara berbatasan dengan Amerika Serikat,
• Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik, Belize, dan Guatemala,
• Sebelah timur berbatasan dengan Teluk Meksiko dan Laut Karibia, serta
• Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Secara garis besar, bentang alam Meksiko terbagi menjadi tiga kawasan, yaitu :
a) Daerah plato tengah
Dataran ini terdiri dari tiga daerah, yaitu :
• Bagian utara, sebagian besar merupakan daerah yang kering dan hampir tidak dijumpai adanya sungai. Daerah gurun-gurunnya bisa memiliki danau-danau pada saat terjadi hujan deras.
• Bagian selatan, kawasannya lebih tinggi, bercurah hujan banyak, dan lebih produktif dibandingkan di bagian utaranya. Di daerah ini dijumpai adanya pegunungan yang tingginya berkisar antara 2.000-2500 meter.
• Bagian barat dan timur, ketinggian platonya menurun ke arah dataran pantai Teluk Meksiko dan pantai Pasifik. Dataran pantai Teluk Meksiko membentang sekitar 1.300 kilometer mulai dari Rio Grande ke Semenanjung Yucatan. Daerah ini umumnya berupa paya-paya dan laguna (danau air payau).

b) Pegunungan
Daerah pegunungan terdapat di sebelah selatan, barat, dan timur plato tengah. Ketiga daerah pegunungan tersebut dinamakan Sierra Madre. Pegunungan Sierra Madre Oriental (Pegunungan Sierra Madre Timur) merupakan perpanjangan sebelah selatan dari Pegunungan Rocky di Amerika Serikat. Pegunungan Madre Occidental (Pegunungan Sierra Madre Barat) memanjang ke Meksiko dari Pegunungan Sierra Nevada di California.
Menuju ke Kota Meksiko, kedua pegunungan besar tersebut menyatu di gugus spektakuler kerucut gunung berapi. Contoh gunung tersebut, antara lain, Gunung Pico de Orizaba (5.700 meter) merupakan gunung tertinggi di Amerikat Utara. Di sebelah selatan zona gunung berapi ini, terletak Pegunungan Sierra Madre del Sur (Pegunungan Sierra Madre Selatan) yang membentang sampai ke tanah genting Tehuantepec yang dipisahkan dari Samudera Pasifik oleh suatu dataran sempit.

c) Dataran Rendah
Dataran rendah ini terdapat di antara Plato Tengah dengan pegunungan. Dataran rendahnya terdiri dari dataran pantai sebelah barat dan timur.
• Dataran pantai sebelah timur terbentang luas dari perbatasan Texas sampai ke Semenanjung Yucatan. Daerah ini mempunyai ciri di bagian utara udaranya hangat dan setengah gersang, sementara bagian selatan udaranya basah dan daerahnya tertutup rimba.
• Dataran pantai sebelah barat lebih sempit dibandingkan dengan dataran pantai sebelah timurnya. Daerah sebagian tertutup pasir dan sebagian lagi berupa gunung-gunung yang tidak subur.
• Di dataran pantai, sebelah selatannya berupa pegunungan yang dikelilingi oleh dataran rendah yang disebut dataran rendah Tanah Genting Tehuantepec. Dataran ini terdiri atas lahan rawa dan rimba.

Mengenai sektor perekonomian Meksiko dapat diuraikan sebagai berikut :
a) Pertanian
Pertanian di Meksiko banyak dilakukan penduduk dataran rendah, plato tengah, dan daerah pegunungan. Daerah pertanian terbesar terdapat di Delta Rio Grande dan Rio del Fuerte. Hasil-hasil pertaniannya, antara lain, kopi, tembakau, buah-buahan, gandum, kapas, tomat, tebu, buncis, serta lainnya.

b) Perikanan
Perikanan terbesar dilakukan di daerah Teluk California dan meluas sampai di daerah lepas pantai Pasifik. Hasil-hasil tangkapannya, antara lain, ikan tuna, udang, dan sarden.

c) Pertambangan
Meksiko mempunyai deposit barang tambang yang bervariasi. Daerah tambangnya terdapat di daerah pantai timur. Hasil-hasil tambangnya, misalnya, batu kapur, tembaga, minyak bumi, perak, emas, batu bara, dan gas alam. Khusus tambang minyak bumi dan gas alam banyak terdapat di Tampico, yaitu daerah sekitar pantai Teluk Meksiko.

d) Perindustrian
Jenis-jenis industri yang diusahakan dan dikembangkan di Meksiko, antara lain, industri baja, serat sintesis, pengolahan minyak bumi, barang-barang elektronika, barang-barang kimia, dan lain-lain. Industri baja dan tekstil merupakan industri utama di Meksiko. Industri baja terdapat di Monterey (merupakan industri terbesar), sedangkan industri tekstilnya terdapat di Mexico City dan Puebla.

e) Perdagangan
• Ekspor Meksiko ialah minyak mentah (merupakan ekspor terbesarnya) dan semen, sedangkan yang lainnya yaitu minyak tanah, barang-barang kimia, dan elektronika.
• Impor Meksiko adalah pakaian jadi, mesin-mesin, alat-alat transportasi, makanan, hasil pertanian, dan hasil peternakan.

Beberapa kota penting di Meksiko adalah :
• Mexico City, merupakan ibu kota Meksiko dan merupakan kota metropolitan atau kota terbesar di Meksiko.
• Guadalajara, adalah kota terbesar kedua di Meksiko. Kota ini merupakan pusat industri kulit, gelas, dan keramik.
• Monterey, merupakan kota terbesar ketiga, kota penghasil besi dan baja utama sekaligus sebagai pusat industri modern yang bersuasana Amerika Serikat.
• Puebla, ialah pusat industri pertenunan utama di Meksiko.
• Veracruz, merupakan kota pemukiman utama Spanyol di Meksiko.

RANGKUMAN

1) Meksiko dijajah oleh Spanyol hampir tiga abad lamanya.
2) Secara garis besar, bentang alam Meksiko terbagi menjadi tiga kawasan.
3) Sektor perekonomian Meksiko sedang mengalami perkembangan cukup pesat.

Keberadaan Negara Meksiko dari Berbagai Aspeknya | Admin | 4.5