Konsep Energi dalam Sistem Kehidupan

In Kimia Kelas 6

Konsep Energi dalam Sistem Kehidupan – Tenaga atau energi memiliki peranan penting dalam kehidupan. Kalian dapat melakukan berbagai kegiatan seperti berjalan dan berlari karena tubuh memiliki energi. Energi yang kalian miliki berasal dari makanan atau minuman yang diserap oleh tubuh.

Makhluk hidup membutuhkan energi untuk tumbuh dan berkembang. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Di dalam SI (Satuan Internasional), energi dapat dinyatakan dalam satuan joule (J) atau kalori (kal).
1 kalori = 4,2 J

Energi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bentuk energi

a. Energi Potensial
Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena kedudukannya terhadap bumi. Energi potensial dapat dirumuskan sebagai berikut.
Ep = mgh
Dengan:
Ep = energi potensial (J);
m = massa benda (kg);
g = percepatan gravitasi (m/s2); dan
h = tinggi kedudukan benda (m).

b. Energi Kinetik
Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya. Energi kinetik dapat dirumuskan sebagai berikut.
Ek = ½ mv2
Ek = energi kinetik
m = massa benda (kg)
v = kecepatan gerak benda (m/s2)

c. Energi Mekanik
Energi mekanik suatu benda adalah jumlah energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki benda tersebut.
Em = Ep + Ek
Em = energi mekanik (J)
Ep = energi potensial (J)
Ek = energi kinetik (J)

d. Energi Kimia
Energi yang tersimpan dalam zat atau bahan bakar

e. Energi Listrik
Energi yang berasal dari arus listrik

f. Energi Bunyi
Energi yang dihasilkan oleh benda yang bergetar

g. Energi Kalor (Panas)
Energi yang dimiliki oleh benda-benda yang menimbulkan panas atau kalor

h. Energi Nuklir
Energi yang terkandung di dalam inti atom
Energi dapat pula berubah bentuk dari energi yang satu ke energi yang lainnya, seperti berikut.
a. Energi listrik menjadi energi panas. Contoh setrika listrik
b. Energi kimia menjadi energi listrik. Contoh batu baterai
c. Energi listrik menjadi energi cahaya. Contoh lampu
d. Energi listrik menjadi energi kinetik. Contoh kipas angin

Berbagai Sumber Energi

Sumber energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi. Panas matahari yang digunakan untuk memanasi bumi adalah sumber energi. Listrik yang digunakan untuk menyalakan televisi juga merupakan sumber energi. Energi dapat terbagi menjadi dua.

1. Sumber Energi yang tidak dapat diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber energi yang suatu saat akan habis dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat memperolehnya lagi. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui, yang banyak dimanfaatkan manusia adalah minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

2. Sumber Energi yang dapat diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak habis jika dipakai dalam waktu lama. Contoh energi yang dapat diperbarui adalah panas matahari, PLTA, dan energi angin.

Makanan sebagai Sumber Energi

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Kalian membutuhkan makanan sebagai sumber energi sehingga kamu dapat belajar, bermain, dan melakukan aktivitas lain. Zat makanan yang berperan sebagai sumber energi adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

Respirasi

Respirasi merupakan suatu proses pembebasan energi yang tersimpan dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen. Dari proses respirasi, dihasilkan energi kimia untuk kegiatan kehidupan, seperti gerak dan pertumbuhan.
Contoh:
Respirasi pada Glukosa, reaksi sederhananya:
C6H12O6 + O2 → 6CO2+ 6H2O + energi.
(glukosa)

Sistem Pencernaan Makanan

Seperti yang telah kalian ketahui, makanan merupakan sumber energi bagi tubuh. Makanan yang dicerna oleh tubuh akan menghasilkan sejumlah energi. Zat makanan seperti karbohidrat, lemak, dan protein akan mengalami proses metabolisme di dalam tubuh. Berikut proses metabolisme yang dilakukan tubuh pada zat makanan.

1. Metabolisme pencernaan karbohidrat dalam tubuh
Karbohidrat setelah dicerna di usus akan diserap oleh dinding usus halus dengan bentuk monosakarida. Monosakarida tersebut oleh aliran darah dibawa sebagian besar menuju hati. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses sintesis menghasilkan glikogen lalu dioksidasi menjadi CO2 dan H2O. Kenaikan proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat menyebabkan glukosa dalam darah meningkat yang menyebabkan sintesis glikogen dari glukosa oleh hati akan naik. Namun saat aktivitas meningkat, banyak energi yang digunakan sehingga kadar glukosa dalam darah menurun. Hal ini menyebabkan penguraian glikogen menjadi glukosa dan selanjutnya mengalami reaksi katabolisme.

2. Metabolisme pencernaan lemak dalam tubuh
Dengan bantuan enzim lipase, lemak akan dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol. Proses ini berlangsung dalam saluran pencernaan. Sebelum diserap usus, asam lemak akan bereaksi dengan garam empedu dan membentuk senyawa sederhana. Senyawa tersebut akan diserap jonjot usus dan terurai menjadi asam lemak dan garam empedu. Kemudian asam lemak akan diubah menjadi asetil koenzim.

3. Metabolisme pencernaan protein dalam tubuh
Protein di dalam tubuh akan diubah menjadi asam amino oleh enzim-enzim pencernaan. Enzim-enzim yang bekerja pada proses hidrolisis protein, antara lain pepsin, tripsin, kemotripsin, karboksi peptidase, dan amino peptidase.

Fotosintesis

Fotosintesis adalah perubahan energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa. Fotosintesis terjadi di dalam daun. Pada proses fotosintesis terjadi reaksi kimia antara senyawa air (H2O), karbon dioksida (CO2) dan dibantu oleh cahaya matahari. Cahaya matahari akan diserap oleh klorofil untuk menghasilkan oksigen (O2) dan senyawa glukosa (C2H12O6). Glukosa adalah makanan bagi tumbuhan. Sedangkan oksigen yang dihasilkan pada proses fotosintesis diperlukan oleh manusia dan hewan.

Tags: #Konsep Energi dalam Sistem Kehidupan

author
Author: 
    Titrasi Asam Basa
    Titrasi Asam Basa
    Titrasi Asam Basa – Pada pertemuan sebelumnya, kita
    Fungsi Trigonometri dan Grafiknya
    Fungsi Trigonometri dan Grafiknya
    Fungsi Trigonometri dan Grafiknya – Dalam topik ini
    Pemecahan Masalah Nyata dengan Menerapkan Sifat-sifat Geometri Bidang Datar
    Pemecahan Masalah Nyata dengan Menerapkan Sifat-sifat Geometri Bidang Datar
    Pemecahan Masalah Nyata dengan Menerapkan Sifat-sifat Geometri
    Pertidaksamaan Pecahan
    Pertidaksamaan Pecahan
    Pertidaksamaan Pecahan – Pada topik yang telah lalu,
    Must read×

    Top