close

Mekanisme Fotosintesis

Mekanisme Fotosintesis – Pada topik sebelumnya, kita telah mengenal Sejarah Penemuan Fotosintesis. Topik yang akan dibahas kali ini adalah Mekanisme Fotosintesis. Proses pembentukan karbohidrat dan karbondioksida serta air yang dilakukan oleh sel-sel yang berklorofil dengan bantuan cahaya matahari yang disebabkan oleh oksigen disebut dengan fotosintesis. Dalam mempelajari fotosintesis ini, tentu kita juga harus mengetahui mekanisme atau tahapan-tahapan yang dilalui pada saat proses fotosintesis berlangsung.

Manusia dan hewan tidak bisa membuat makanannya sendiri. Manusia dan hewan mengambil nutrisi dari tumbuhan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hidupnya manusia dan hewan hanya bergantung pada tumbuhan. Jika manusia dan hewan hanya bergantung pada tumbuhan untuk mendapatkan nutrisi, dari manakah tumbuhan mendapat nutrisinya?

Fotosintesis sering didefinisikan sebagai proses kimia pengubahan zat anorganik yaitu air dan oksigen oleh klorofil menjadi zat organik (gula) dengan bantuan adanya energi cahaya matahari. Fotosintesis adalah fungsi utama dari daun. Tumbuhan hijau daun ini bersifat autotrof karena autotrof mempunyai arti dapat mengolah atau memasak makanan sendiri langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan membutuhkan air dan karbondioksida untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMjkvMjIvMjUvMzcvNjcxLzQuJTIwTGVzc29uJTIwTWVrYW5pc21lJTIwZm90b3NpbnRlc2lzJTIwMS5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XSxbInAiLCJjb252ZXJ0IiwiLWNvbG9yc3BhY2Ugc1JHQiAtc3RyaXAiLHsiZm9ybWF0IjoianBnIn1dXQ Mekanisme Fotosintesis

Fungsi fotosintesis

1. Untuk memproduksi zat makanan berupa glukosa.
2. Membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi karbon dioksida di udara karena karbon dioksida adalah bahan baku dari fotosintesis.
3. Kemampuan tumbuhan berfotosintesis selama hidupnya menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup terdahulu tertimbun di dalam tanah dan berubah menjadi batu bara yang juga sumber energi.

Fotosintesis terjadi di kloropas. Di dalam kloropas, penyerapan sinar oleh klorofil dimulai pada proses fotosintesis. Proses fotosintesis dalam kloroplas itu melalui dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

1. Reaksi terang berlangsung memerlukan adanya cahaya
Reaksi terang terjadi di grana. Pada reaksi ini, klorofil akan menyerap energi matahari dari berbagai macam sinar diantaranya sinar merah, biru, violet serta sedikit kuning dan jingga. Selanjutnya energi yang sudah ditangkap itu akan digunakan untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen. Pemecahan ini disebut dengan fotolisis. Berikut reaksi fotolisis.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMjkvMjIvMjUvMzcvNjcxLzQuJTIwTGVzc29uJTIwTWVrYW5pc21lJTIwZm90b3NpbnRlc2lzJTIwMS5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XSxbInAiLCJjb252ZXJ0IiwiLWNvbG9yc3BhY2Ugc1JHQiAtc3RyaXAiLHsiZm9ybWF0IjoianBnIn1dXQ Mekanisme Fotosintesis

2. Reaksi gelap yang berlangsung tanpa cahaya
Reaksi gelap terjadi di stroma. Pada reaksi ini, terjadi fiksasi (pengikatan) karbon dioksida di dalam daun. Dengan bantuan energi yang dibentuk pada reaksi terang, hidrogen akan digabung dengan karbon dioksida membentuk gula (glukosa). Reaksinya sebagai berikut.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMjkvMjIvMjUvMzcvNjcxLzQuJTIwTGVzc29uJTIwTWVrYW5pc21lJTIwZm90b3NpbnRlc2lzJTIwMS5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XSxbInAiLCJjb252ZXJ0IiwiLWNvbG9yc3BhY2Ugc1JHQiAtc3RyaXAiLHsiZm9ybWF0IjoianBnIn1dXQ Mekanisme Fotosintesis

Secara garis besar, proses berlangsungnya fotosintesis dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Tumbuhan dapat menyerap cahaya karena mempunyai pigmen yang disebut klorofil. Klorofil ini yang memberi warna hijau pada daun. Klorofil pada tumbuhan ini terdapat dalam organel yang disebut kloropas. Jadi, cahaya dapat sampai pada sel-sel daun yang mengandung klorofil.

2. Klorofil pada daun akan menyerap energi cahaya dan akan merubahnya menjadi energi kimia. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis.

3. Kemudian udara yang mengandung karbondioksida ini akan masuk melalui stomata. Karbondioksida itu selanjutnya akan menyebar di antara sel-sel daun.

4. Akar pada tanaman akan menyerap air yang dibutuhkan oleh tanaman untuk melangsungkan proses fotosintesis. Air tersebut mengalir dari akar melewati batang menuju daun.

5. Molekul air akan dipecah dengan bantuan energi cahaya menjadi oksigen dan hidrogen. Akhirnya molekul hidrogen itu bergabung dengan molekul karbon dioksida membentuk glukosa.

6. Hasil akhir fotosisntesis akan berupa glukosa dan oksigen.

Glukosa yang dihasilkan ini selanjutnya akan diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan melalui floem. Selanjutnya hasil dari fotosintesis ini akan dipergunakan tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Jika kebutuhan glukosa pada tumbuhan sudah cukup, maka glukosa yang selebihnya itu akan diubah menjadi karbohidrat dan disimpan sebagai cadanagan makanan dalam akar, batang, buah, dan biji.

Selain itu juga akan diubah ke dalam bentuk lain yaitu menjadi amilum, protein, dan lipid yang disimpan untuk cadangan makanan. Cadangan makanan inilah yang nantinya akan dimakan oleh hewan dan manusia. Kemudian hasil fotosintesis yang berupa oksigen akan dilepaskan melalui stomata. Oksigen yang dilepaskan itu akan dimanfaatkan oleh hewan dan tumbuhan untuk pernapasan.

Mekanisme Fotosintesis | Admin | 4.5