close

Menandai Informasi Penting dan Pendukung

Menandai Informasi Penting dan Pendukung – Siswa mampu menandai informasi penting dan pendukung dalam naskah pidato.

Halo, Teman-teman, coba simak kalimat dalam audio berikut ini!

Berdasarkan informasi di dalamnya, bisakah kamu menjawab pertanyaan berikut!
1. Siapakah yang sakit? Yusuf atau Andika?
2. Siapakah nama dokter yang memeriksa? Yusuf, Yusuf Andika, atau tidak diketahui?

Pasti kamu masih bingung menjawab pertanyaan tersebut. Sekarang, simak kalimat berikut ini!

Siapakah yang sakit? Ya, benar. Orang yang sakit adalah Yusuf Andika.
Siapakah nama dokter yang memeriksa? Tentu tidak diketahui.

Sekarang, kamu simak kalimat berikut ini!

Siapakah yang sakit? Betul sekali. Orang yang sakit adalah Andika (bukan Yusuf).
Siapakah nama dokter yang memeriksa? Tepat. Namanya adalah Dokter Yusuf.

Bisakah kamu bedakan kalimat dalam ketiga audio tersebut? Perbedaannya terletak pada intonasi yang diberikan. Dalam komunikasi lisan, intonasi memang berperan penting agar maksud yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh orang lain yang mendengar. Demikian halnya dalam berpidato.

Informasi Penting dan Pendukung dalam Pidato

Informasi penting adalah gagasan paling pokok yang harus disampaikan dalam pidato. Informasi tersebut berkaitan erat dengan tema pidato sehingga jika dihilangkan maka pidato akan terasa kurang bermakna. Informasi penting dalam sebuah naskah pidato biasanya terdapat dalam setiap paragraf. Informasi penting tersebut perlu ditandai agar kita dapat memberikan penekanan khusus dengan intonasi tertentu.

Informasi penting dalam naskah pidato ibarat gagasan pokok dalam sebuah paragraf. Informasi tersebut dapat terletak di awal atau akhir paragraf, bergantung pada informasi yang paling penting di antara informasi-informasi yang disampaikan. Dengan demikian, kita perlu jeli memahami informasi penting tersebut.

Adapun informasi pendukung adalah gagasan-gagasan yang mendukung informasi penting. Informasi pendukung melengkapi informasi penting agar gagasan dalam pidato dapat disampaikan lebih sempurna. Namun demikian, informasi pendukung ini tidak mutlak sehingga jika sesekali kita tidak sengaja melupakan atau melewati informasi tersebut, makna pidato secara keseluruhan tetap utuh. Informasi pendukung juga perlu ditandai agar kita dapat membedakannya dengan informasi penting sehingga terdapat perbedaan intonasi saat membacakan kedua informasi tersebut.

Menandai informasi penting dan pendukung tidak memiliki cara khusus. Kamu dapat menandai informasi tersebut dengan pensil, pulpen, atau spidol berwarna khusus. Kamu juga dapat menandainya dengan tanda-tanda tertentu yang menunjukkan bahwa kata atau kalimat yang kamu tandai perlu penekanan khusus. Sebagai contoh kamu dapat membubuhi tanda-tanda berikut dalam naskah pidato berikut artinya:

→ : intonasi datar
^ : intonasi naik
v : intonasi turun
/ : jeda pendek atau tanda koma
// : jeda sedang
/// : jeda panjang atau tanda titik
____ : informasi penting atau gagasan pokok pidato

      Agar lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh kutipan pidato berikut disertai dengan menandai informasi penting dan pendukung di dalamnya:

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTgvMDQvMDYvMTIvNjc4L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE4XzIwYXRfMjAxMS4xMi4yNl8yMEFNLnBuZyJdLFsicCIsInRodW1iIiwiNjAweFx1MDAzZSIse31dXQ Menandai Informasi Penting dan Pendukung
W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTgvMDQvMDYvMTIvNjc4L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE4XzIwYXRfMjAxMS4xMi4yNl8yMEFNLnBuZyJdLFsicCIsInRodW1iIiwiNjAweFx1MDAzZSIse31dXQ Menandai Informasi Penting dan Pendukung

Dari kutipan pidato tersebut, kita dapat memahami bahwa tema yang diangkat adalah pendidikan. Pidato tersebut disampaikan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional. Agar kamu dapat membaca naskah pidato tersebut dengan intonasi yang tepat dan agar gagasannya dapat tersampaikan dengan baik, maka kamu perlu menandai informasi penting dan pendukung di dalamnya seperti berikut.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTgvMDQvMDYvMTIvNjc4L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE4XzIwYXRfMjAxMS4xMi4yNl8yMEFNLnBuZyJdLFsicCIsInRodW1iIiwiNjAweFx1MDAzZSIse31dXQ Menandai Informasi Penting dan Pendukung

Dari paragraf tersebut terlihat bahwa informasi penting terletak di awal paragraf, yaitu “pendidikan di Indonesia kian menunjukkan kemajuan”. Maka, kalimat tersebut perlu kita tandai dengan garis bawah sehingga dapat diberikan penekanan. Penekanan dapat diberikan dengan memberikan intonasi yang berbeda agar kalimat tersebut memperoleh perhatian khusus yang berbeda dari informasi yang lainnya. Adapun kalimat lainnya adalah informasi pendukung yang melengkapi gagasan bahwa “pendidikan Indonesia mengalami kemajuan” seperti ketersediaan fasilitas dan media pembelajaran di sekolah dan rumah.

Perhatikan juga paragraf berikut!

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTgvMDQvMDYvMTIvNjc4L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE4XzIwYXRfMjAxMS4xMi4yNl8yMEFNLnBuZyJdLFsicCIsInRodW1iIiwiNjAweFx1MDAzZSIse31dXQ Menandai Informasi Penting dan Pendukung

Informasi penting pada kutipan naskah tersebut terletak di akhir, yaitu “kita perlu mengambil waktu sejenak untuk merenungkan nasib saudara-saudara kita”. Informasi penting tersebut dapat dibedakan dengan memberikan intonasi khusus, misalnya dengan nada meninggi menandakan semangat atau rasa haru. Adapun kalimat lainnya adalah informasi pendukung yang berupa “alasan-alasan” mengapa kita harus memikirkan saudara-saudara kita sejenak.

Bagaimana, mudah bukan? Sebelum mempraktikkan cara menandai informasi penting dan pendukung dalam naskah pidato, perhatikan beberapa poin penting berikut ini!

Poin Penting

  1. Pidato merupakan penyampaian gagasan yang dilakukan secara lisan.
  2. Di antara beberapa metode berpidato, pidato dengan membaca naskah biasanya digunakan untuk dua hal, yaitu situasi resmi atau belajar berpidato bagi pemula.
  3. Saat berpidato dengan membaca naskah, seseorang perlu menandai informasi penting dan pendukung dalam naskah yang dibacanya agar memberikan penekanan dalam pidatonya dengan intonasi tertentu.
  4. Menandai informasi penting dan pendukung dapat menggunakan alat tulis apapun dan dengan tanda baca apapun dengan asalkan mudah dipahami.
Menandai Informasi Penting dan Pendukung | Admin | 4.5