close

Menanggapi Isi Berita

Menanggapi Isi Berita – Setiap hari, pasti kita mendengar berita dan kita membutuhkan berita baik dari media elektronik maupun elektronik. Berita di dalamnya syarat akan informasi-informasi yang kita butuhkan maupun tidak. Oleh sebab itu, kita harus bisa memilah dan memilih informasi yang kita butuhkan.

Kita tidak hanya menenrima informasi begitu saja, tetapi juga harus berpikir akan kebenaran informasi yang kita denar. Salah satu cara agar kita bisa berpikir adalah dengan memebrikan tanggapan terhadap berta yang kita baca.

Tanggapan dalam berita bisa berupa persetujuan, penolakan atau sanggahan, dan saran atau solusi.

a. Persetujuan

Persetujuan adalah tanggapan yang kita berikan terhadap artikel/bertia/informasi yang sesaui dengan hati dan pikiran kita.

b. Sanggahan/penolakan

Sanggahan atau penolan adalah tanggapan yang berisi ketidaksetuuan kita terhadap solusu/saran/pendapat yang dikemukkan dalam berita atau informasi.

c. Saran

Saran merupakan salah satu bentuk tanggapan untuk menyempurnakan isi, pemakaian bahasa,dan strktur informasi yang diterima.

Agar saran bisa dipahami oleh pendengarsebainya mengikuti langkah-langkah berikut ini :
1) Saran tesusun dalam urutan yang sistematis, kalimatnya jelas dan padat, serta kata-katanya mudah dipahami.
2) saran langsung dirahkan kepada sasaran dan tidakusaha berbelit-belit.
3) Saran berisi sesuatu yang memang hendak disampaiakn dan meyakinkan
4) Saran hendaknya ditujang oleh kebenaran fakta, mengemukaka argument dan jalan keluar.

Tanggapan yang tepat adalah tanggapan yang dikemukakan dengan bahasa yang sopan dan santun. Tanggapan tidak boleh menyindir atau mencemooh.

Contoh :

W1siZiIsIjIwMTMvMDcvMTIvMTMvMDIvNTQvOTM4LzNfbS5wbmciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XV0 Menanggapi Isi Berita

Kalimat tanggapan ilustrasi di atas adalah plagiarisme merupakan tindakan yang salah karena akan mematikan potensi orang lain. Plagiarisme juga akan mencoreng nama baik. Sebaiknya, hindari plagiarisme dengan mencantumkan sumber kutipan.

Menanggapi Isi Berita | Admin | 4.5