Menentukan Tokoh-Tokoh

In Pendidikan

Menentukan Tokoh-Tokoh – Tokoh adalah setiap pihak yang memiliki peran di dalam sebuah cerita. Tokoh bisa berupa manusia, hewan, atau benda manti yang dianggap bisa berpikir dan memiliki perasaan seperti manusia.

Tokoh yang memiliki peran paling besar di dalam sebuah cerita disebut tokoh utama. Tokoh utama hadir di dalam cerita dari awal sampai akhir. Adakalanya, tokoh utama di jadikan judul sebuah novel. Bila peran tokoh utama dihapus, cerita akan menjadi sangat berbeda. Umumnya, tokoh utama diwakili oleh satu karakter saja, tapi tokoh utama bisa juga berupa gabungan beberapa karakter seperti di dalam novel Lima Sekawan karangan Enid Blyton.

Tokoh yang memiliki peran lebih kecil disebut tokoh pendamping. Tokoh pendamping berfungsi untuk melengkapi cerita dan memperkuat ketokohan tokoh utama. Bila peran tokoh pendamping dihapus, cerita secara keseluruhan tidak terpengaruh. Tokoh pendamping bísa berupa ayah, ibu, saudara, atau teman tokoh utama.

Menentukan Tokoh
Untuk menentukan tokoh-tokoh di dalam sebuah novel, kita harus membaca novel tersebut secara keseluruhan. Catatlah tokoh-tokoh yang tercantum di dalam cerita. Mari kita membaca kutipan novel berikut ini!

Perhatikan Contoh

“TERANGKANLAH, Mak, terangkanlah kembali riwayat lama itu, sangat inginku hendak mendengarnya,” ujar Zainuddin kepada Mak Base, orang tua yang telah bertahun-tahun mengasuhnya itu.

*Meskipun sudah berulang-ulang dia menceriterakan hal yang lama-lama itu kepada Zainuddin, dia belum juga puas. Tetapi kepuasannya kelihatan bilamana dia duduk menghadapi tempat sirihnya, bercengkerama dengan Zainuddin menerangkan hal-ikhwal yang telah lama terjadi. Menerangkan ceritera itulah rupanya kesukaan hatinya. *

“Ketika itu engkau masih amat kecil,” katanya memulai hikayatnya, “Engkau masih merangkak- rangkak di lantai dan saya duduk di kalang hulu ibumu memasukkan obat ke dalam mulutnya. Nafasnya sesak turun naik, dan hatinya rupanya sangat dukacita akan meninggalkan dunia yang fana ini. Ayahmu menangkupkan kepalanya ke bantal dekat tempat tidur ibumu. Saya sendiri berurai air mata, memikirkan bahwa engkau masih sangat kecil belum pantas menerima cobaan yang seberat itu, umurmu baru 9 bulan.

Tiba-tiba ibumu menggamitkan tangannya kepadaku, aku pun mendekat. Kepalaku diraihnya dan dibisikkannya ke telingaku – sebab suaranya telah lama hilang – berkata: “Mana Udin, Base!”

(Dikutip dari novel “Tenggelamnya Kapal Van Der Wick” karangan Buya Hamka.
https://docs.google.com/file/d/0B5pV85wgoUDhQ1EzZE9KU2pqOTQ/edit?pli=1)

Mari kita tulis nama tokoh-tokoh di dalam cerita di atas.

Tokoh Utama:
Zainuddin/Udin

Tokoh Pendamping:
1. Mak Base, pengasuh Zainuddin
2. Ayah Zainuddin
3. Ibu Zainuddin

      Bila kita selesai membaca sebuah novel secara keseluruhan, kita akan memahami isi cerita di dalam novel tersebut dan mendapat informasi yang lebih banyak tentang tokoh-tokoh di dalamnya. Pengetahuan atas tokoh-tokoh di dalam novel berguna ketika kita hendak menceritakan kembali atau membuat sinopsis sebuah novel.

Poin Penting

  1. Secara garis besar, tokoh dalam sebuah karya sastra dibagi menjadi dua, yaitu tokoh utama dan tokoh pendamping.
  2. Tokoh utama memiliki peran paling penting di dalam cerita.
  3. Umumnya, tokoh utama terdiri atas satu karakter.
  4. Tokoh pendamping adalah tokoh yang memiliki peran lebih kecil di dalam cerita.

Tags: #Menentukan Tokoh-Tokoh

author
Author: 
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional – Apa
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional – Apa sajakah
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Must read×

    Top