close

Menganalisis Isi Teks Cerita Pendek

Menganalisis Isi Teks Cerita Pendek – Sebelumnya, sudah dibahas materi langkah-langkah menulis cerita pendek. Selanjutnya, kita akan membahas materi analisis isi teks cerita pendek. Untuk itu, kita harus mengetahui unsur-unsur yang membangun teks cerpen. Cerpen dibangun oleh dua hal: intrinsik dan ekstrinsik. Intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun teks dari dalam, misalnya tema, amanat, alur, sudut pandang, latar, penokohan, dan majas. Ekstrinsik adalah unsur-unsur yang membangun teks dari luar, misalnya latar belakang sosial pengarang dan psikologi pengarang.

Unsur-unsur intrinsik:
– Tema: pokok permasalahan sebuah cerita.
– Amanat: pesan pengarang kepada pembaca.
– Alur: jalan cerita. Ada alur maju, mundur, dan campuran.
– Sudut pandang: posisi pengarang dalam cerita.
– Latar: waktu, tempat, dan suasana cerita.
– Penokohan: cara pengarang menggambarkan tokohnya.
– Majas: gaya bahasa yang bersifat konotatif.

Unsur-unsur ekstrinsik:
– Latar belakang sosial pengarang adalah kondisi masyarakat yang melatari pengarang.
– Psikologi pengarang adalah kondisi kejiwaan pengarang.

Perhatikan!

Semua menjadi pucat pasi tak berani berkata apa-apa lagi. Tahulah mereka sekarang apa jalan yang diridai Allah di dunia. Tapi Haji Saleh ingin juga kepastian apakah yang akan dikerjakannya di dunia itu salah atau benar. Tapi ia tak berani bertanya kepada Tuhan. Ia bertanya saja pada malaikat yang menggiring mereka itu.
“Salahkah menurut pendapatmu, kalau kami, menyembah Tuhan di dunia?” tanya Haji Saleh.
“Tidak. Kesalahan engkau, karena engkau terlalu mementingkan dirimu sendiri. Kau takut masuk neraka, karena itu kau taat sembahyang. Tapi engkau melupakan kehidupan kaummu sendiri, melupakan kehidupan anak isterimu sendiri, sehingga mereka itu kucar-kacir selamanya. Inilah kesalahanmu yang terbesar, terlalu egoistis. Padahal engkau di dunia berkaum, bersaudara semuanya, tapi engkau tak mempedulikan mereka sedikit pun.”
(Dikutip dari cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis)

Mari kita analisis!

Intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun teks dari dalam, misalnya tema, amanat, alur, sudut pandang, latar, dan penokohan.
– Tema: seorang haji yang hanya mementingkan diri sendiri
– Amanat: jangan mementingkan diri sendiri
– Alur: alur maju; tidak ada flashback
– Sudut pandang: orang ke-3 serbatahu
– Latar: akhirat
– Penokohan: Haji Saleh (tokoh utama, egois); malaikat (tokoh tambahan, patuh)

Poin penting!

Dalam menganalisis karya sastra, terutama teks cerpen, perlu kita ketahui unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah karya sastra yang dianalisis tersebut. Setelah itu, ketelitian juga tidak kalah penting dalam menganalisis karya sastra.

Menganalisis Isi Teks Cerita Pendek | Admin | 4.5