close

Mengembangkan Kerangka Pidato, Ceramah, dan Khotbah

Mengembangkan Kerangka Pidato, Ceramah, dan Khotbah – Siswa dapat mengembangkan kerangka pidato/ceramah/khotbah.

Pengertian Pidato/Khotbah/Ceramah
Pidato adalah ungkapan pikiran seseorang yang diungkapkan dalam bentuk kata-kata dan disampaikan secara lisan kepada khalayak ramai. Pidato disebut juga khotbah atau ceramah.

Kerangka Pidato/Khotbah/Ceramah
Kerangka pidato harus disusun secara sistematis. Sistematika pidato adalah sebagai berikut.

  1. Pendahuluan atau pembuka, yaitu bagian yang meliputi salam pembuka, ucapan terima kasih, dan pengenalan topik atau tema yang akan disampaikan dalam pidato.
  2. Isi, yaitu bagian yang menjelaskan materi-materi pokok yang akan disampaikan. Materi pidato dapat berisi informasi atau pendapat yang diperkuat dengan referensi atau bahan bacan lain yang berkaitan dengan materi yang disampaikan.
  3. Penutup, yaitu bagian akhir pidato yang terdiri atas kesimpulan materi, ungkapan penutup, dan salam penutup.

Langkah-Langkah Mengembangkan Kerangka Pidato/Ceramah/Khotbah
Kerangka yang telah disusun harus dapat dikembangkan agar pidato menjadi lebih baik. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan saat mengembangkan kerangka pidato.

  1. Salam pembuka dan salam penutup dapat disesuaikan dengan penonton atau pendengar. Misalnya: assalamualaikum warahahmatullahi wabarakatu atau salam sejahtera.
  2. Ucapan terima kasih pada bagian pendahuluan dapat dikembangkan sesuai keinginan orang yang berpidato. Pada bagian ini biasanya diungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah hadir untuk menyimak pidato tersebut.
  3. Materi pokok dalam pidato dapat dikembangkan dengan menambahkan referensi dan sumber lainnya, misalnya ucapan tokoh, ayat kitab suci, kutipan buku, dan lain-lain. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkuat pendapat yang disampaikan dalam pidato.

Perhatikan Contoh

Contoh Pengembangan Kerangka Pidato

Perhatikan pidato singkat berikut ini!

Assalamu alakum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati Ibu dan Bapak Guru
Yang saya banggakan rekan-rekan sekalian

Pertama marilah kita ucapkan rasa syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang besar sehingga kita dapat berkumpul di sini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara mengenai pentingnya menuntut ilmu.

Ada ungkapan yang berbunyi, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Ungkapan tersebut menunjukkan bahwa ilmu dapat diperoleh di belahan dunia mana pun. Itu menunjukkan bahwa Tuhan Mahabesar karena telah menyebarkan ilmu ke semua penjuru bumi. Oleh karena itu, kita jangan kehilangan semangat untuk menuntut ilmu. Pepatah Arab menyebutkan, “Barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan dapat.” Itu artinya, kita bersemangat mencari ilmu ke mana pun dan di mana pun, maka kita akan berhasil.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terima kasih untuk segala perhatian.

Poin Penting

  1. Pidato adalah ungkapan pikiran seseorang yang diungkapkan melalui kata-kata dan disampaikan secara langsung di hadapan khalayak ramai. Pidato disebut juga khotbah atau ceramah.
  2. Secara umum, kerangka pidato terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup.
  3. Kerangkan pidato dapat dikembangkan agar membuat pidato menjadi lebih menarik. Contohnya, materi pokok dalam pidato dapat dikembangkan dengan menambahkan referensi atau sumber bacaan lain untuk memperkuat pendapat yang disampaikan.
Mengembangkan Kerangka Pidato, Ceramah, dan Khotbah | Admin | 4.5