close

Mengomentari Berbagai Laporan

Advertisement

Mengomentari Berbagai Laporan – Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung

Hai pemuda-pemudi intelektual Indonesia, kita telah sampai pada pembelajaran semester kedua di kelas XII. Pembelajaran awal di semester kedua ini, kita awali dengan materi mengenai laporan lisan. Nah, sebagai bahan apersepsi coba kalian perhatikan informasi berikut ini.

(http://www.youtube.com/watch?v=IQmAwpC5K20)
Ternyata, laporan dapat disajikan secara tertulis dan lisan. Saat mendengarkan laporan yang disajikan secara lisan, kalian dapat memberi komentar terhadap isi laporan. Jika informasi yang diperoleh dari laporan sesuai dengan pemikiran kalian, kalian dapat memberikan dukungan. Sebaliknya, informasi tersebut tidak sesuai dengan pemikiran kalian, maka kalian dapat memberikan kritik atau saran.
Memberikan saran perbaikan adalah memberikan tanggapan yang disertai dengan uraian atau pertimbangan baik buruk terhadap suatu hal. Saran perbaikan bisa juga disebut sebagai kritik. Kritik muncul karena seseorang tidak setuju atau tidak suka terhadap sesuatu. Selain memberikan kritikan, kalian juga dapat memberikan dukungan terhadap suatu pendapat. Dukungan yang baik tentunya harus disertai dengan alasan yang berupa uraian.

Sebelum melakukan saran perbaikan pada pembicara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Menyimak dengan saksama laporan yang disampaikan dari awal hingga akhir.
2. Mencatat hal-hal yang penting untuk diberi saran perbaikan.
3. Mengemukakan saran perbaikan dengan bahasa yang baik.
4. Berikan argumen untuk memperkuat saran perbaikan yang kalian ungkapkan.

Jika saran perbaikan akan disampaikan secara lisan, kalian perlu memperhatikan hal-hal berikut.
a. Kemukakan isi saran perbaikan dengan bahasa yang baik, nada yang biasa, tidak terkesan menentang, atau mengejek, dan tidak perlu tergesa-gesa.
b. Jika memang diperlukan untuk memperjelas yang dimaksud, bisa diberikan penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang dimaksud.

      Selain itu, tata cara dalam menyampaikan saran perbaikan terhadap suatu hal harus menggunakan bahasa yang sopan. Untuk menyampaikan maksud kritikan atau dukungan, kalian dapat menggunakan kata kunci seperti berikut:
1. Saya sependapat/setuju . . . .
2. Saya kurang sependapat . . .

Perhatikan contoh laporan berikut

      Lokasi Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi tidak jauh dari jalan utama kecamatan. Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi merupakan dua desa yang berdampingan. Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi dapat dicapai dengan angkutan umum maupun ojek. Meskipun terletak tidak jauh dari jalan utama kecamatan, kedua desa ini perkembangannya relatif lambat dibandingkan desa-desa yang lain. Perkembangan yang lambat ini disebabkan kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa.
Oleh karena itu, Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi memerlukan sosok-sosok yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan terhadap warganya agar dapat mengembangkan keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa mereka sendiri.
Latihan:
1. Catatlah pokok isi laporan tersebut!
• Lokasi Desa Tenjojaya dan Desa Sekarwangi tidak jauh dari jalan utama kecamatan
• Meskipun terletak tidak jauh dari jalan utama kecamatan, kedua desa ini perkembangannya relatif lambat dibandingkan desa-desa yang lain
• Perkembangan yang lambat ini disebabkan kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan desa
• Kedua desa memerlukan sosok-sosok yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan terhadap warganya
2. Sampaikan saran perbaikan terhadap laporan tersebut!
• Saya sependapat dengan pernyataan perkembangan pembangunan desa yang lambat karena kurangnya keterampilan penduduk dalam mengolah dan mengembangkan desa, tetapi alangkah baiknya jika pembicara memaparkan data statistik mengenai profesi warga desa untuk mendukung pernyataan tersebut.
• Saya kurang sependapat dengan pernyataan “kedua desa memerlukan sosok-sosok yang mampu memberikan penyuluhan atau pembimbingan terhadap warganya”, karena tanpa perhatian dan mediasi langsung dari pemerintah tidak mungkin masyarakat sipil dapat langsung memberikan penyuluhan kepada warga lainnya.

Poin Penting

Dalam menyampaikan saran perbaikan, tidak diperkenankan menggunakan kata maka setelah kata jika/apabila, begitupun sebaliknya.

Advertisement
Mengomentari Berbagai Laporan | Admin | 4.5