Menulis Slogan atau Poster

In Pendidikan

Menulis Slogan atau Poster -Siswa diharapkan mampu menulis slogan/poster dengan pilihan kata serta kalimat yang bervariasi dan persuasif

Di pelajaran sebelumnya, kamu telah belajar mengenai pengertian, prinsip, dan jenis slogan/poster serta mulai menulis poster dan slogan. Mari kita ulang tahapannya dari awal!

  1. Menentukan Topik dan Tujuan
    Ingat, tentukan terlebih dahulu topik permasalahan yang akan kamu jadikan poster atau slogan! Tentukan juga tujuan yang ingin dicapai dengan dibuatnya poster atau slogan tersebut.
  2. Merumuskan Pesan/Amanat
    Setelah menentukan topik dan tujuan, susunlah pesan yang akan kamu sampaikan ke dalam slogan atau poster
  3. Merumuskan Kalimat yang Menarik, Singkat, Padat, dan Jelas
    Bahasa yang digunakan untuk membuat slogan atau poster haruslah menarik agar seseorang yang membacanya tertarik dan dapat mengikuti isi pesan slogan atau poster itu.
  4. Menulis Slogan atau Poster
    Menulis slogan atau poster harus menggunakan kalimat yang mampu menarik perhatian pembaca. Selain itu, slogan/poster juga harus mampu memberikan kesan yang baik. Perpaduan antara gambar dan kalimat juga akan memberi kesan yang lebih sempurna dalam membuat slogan atau poster. Berikut ini adalah salah satu contoh poster yang baik.
W1siZiIsIjIwMTUvMDQvMjQvMDcvMjQvMTcvMzk0L3Bvc3Rlci5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XSxbInAiLCJjb252ZXJ0IiwiLWNvbG9yc3BhY2Ugc1JHQiAtc3RyaXAiLHsiZm9ybWF0IjoianBnIn1dXQ Menulis Slogan atau Poster

Poster di atas sangat sederhana. Dalam poster di atas menampilkan sebuah foto anak-anak yang sedang berjalan ke satu arah secara bersamaan. Mereka tampak merupakan anak-anak sekolah dari sebuah pedalaman yang ditunjukkan dengan latar pepohonan yang lebat dan jalan yang masih berupa tanah. Di bawah foto tersebut tertulis “Bersama menuju masa depan yang cemerlang” yang memiliki makna sangat dalam, yaitu kebersamaan akan memudahkan kita untuk meraih masa depan yang cemerlang.

Poin Penting

Dalam menulis slogan atau poster, yang perlu kita perhatikan adalah tujuan pembuatan, penggunaan kata/kalimat yang tepat, dan penambahan gambar yang sesuai dengan slogan atau poster yang kita buat.

Tags: #Menulis Slogan atau Poster

author
Author: 
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional – Apa
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional – Apa sajakah
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Must read×

    Top