close

Menyunting Surat Lamaran Pekerjaan

Menyunting Surat Lamaran Pekerjaan – Siswa mampu mengedit surat lamaran pekerjaan sebagai bentuk pemahaman dalam menulis surat lamaran.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTkvMDIvMzAvNTYvMTE0L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE5XzIwYXRfMjA5LjM3LjMwXzIwQU0ucG5nIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCI2MDB4XHUwMDNlIix7fV1d Menyunting Surat Lamaran Pekerjaan

Setelah selesai menulis surat lamaran, apa hal yang perlu dilakukan selanjutnya? Apakah surat itu langsung dimasukkan ke dalam amplop? Lalu, pergi ke kantor pos dan mengirimkannya? Proses tersebut benar tetapi sebelum surat lamaran pekerjaan itu dimasukkan dengan rapi ke dalam amplop dan dikirimkan. Alangkah baiknya, jika kita memeriksanya terlebih dahulu.

Kita perlu membaca surat lamaran tersebut dengan cermat. Lalu, jika ada kesalahan tulisan atau pengetikan, kesalahan tanda baca, kita harus memperbaikinya terlebih dahulu. Setelah itu, kita dapat melakukan proses pengiriman.

Proses membaca cermat dan memperbaiki kesalahan tulisan bukan hanya dalam menulis surat lamaran pekerjaan tetapi pada semua tulisan yang kita buat. Terkadang, tulisan yang sudah beberapa kali dibaca pun masih saja ada kesalahan. Hal tersebut bisa saja kita temukan dalam buku yang kita baca. Padahal, buku tersebut sudah disunting oleh editor tetapi masih saja ditemukan kesalahan. Oleh karena itu, proses penyuntingan bukanlah hal yang sederhana dan diperlukan kecermatan dalam memperbaiki kesalahan berbahasa.

Penyuntingan dapat diartikan sebagai persiapan naskah untuk dicetak atau terbit. Naskah tersebut disunting atau diedit dengan memperhatikan sistematika penyajian, isi, dan bahasa. Dalam penyuntingan, kita perlu memperbaiki ejaan, diksi, dan struktur kalimat yang belum tepat. Itulah hal yang harus kalian perhatikan saat melakukan penyuntingan. Penyuntingan tersebut bukan pada naskah siap cetak seperti buku, tetapi menyunting kesalahan yang terdapat dalam penulisan surat lamaran pekerjaan.
Perhatikanlah contoh surat berikut ini.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTkvMDIvMzAvNTYvMTE0L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE5XzIwYXRfMjA5LjM3LjMwXzIwQU0ucG5nIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCI2MDB4XHUwMDNlIix7fV1d Menyunting Surat Lamaran Pekerjaan

Apakah kalian menemukan beberapa kesalahan penulisan dari contoh surat tersebut? Contoh surat tersebut memberikan kesempatan kita untuk belajar memperbaiki tata bahasa dan tanda baca yang sesuai dalam surat lamaran pekerjaan. Selain lebih memahami pemakaian bahasa yang benar, penyuntingan dapat membuat kita lebih kritis dan belajar untuk menulis dengan benar.

Lalu, bagaimana seharusnya perbaikan surat tersebut? Perhatikanlah perbaikan surat berikut ini.

W1siZiIsIjIwMTUvMDYvMTkvMDIvMzAvNTYvMTE0L1NjcmVlbl8yMFNob3RfMjAyMDE1XzA2XzE5XzIwYXRfMjA5LjM3LjMwXzIwQU0ucG5nIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCI2MDB4XHUwMDNlIix7fV1d Menyunting Surat Lamaran Pekerjaan

Apakah kalian dapat melihat perbedaan dari contoh surat yang sudah disunting tersebut? Kalian dapat menemukan penulisan yang berbeda yang disesuaikan dengan aturan bahasa. Salah satunya, penulisan tanggal, bulan, dan tahun yang tidak perlu menggunakan tanda hubung. Selain itu, jika kalian masih asing dengan penyuntingan. Kalian dapat mencari informasi atau materi dalam buku yang membahas mengenai hal tersebut. Kalian juga dapat membuka kamus atau buku tentang Ejaan yang Disempurnakan untuk memahami penulisan huruf, tanda baca, penggunaan istilah, dan sebagainya. Karena tanpa pemahaman yang baik tentang bahasa, kalian tidak dapat melakukan penyuntingan dengan baik.

Poin Penting

Penyuntingan pada surat lamaran harus memperhatikan hal-hal berikut ini.
1. Tata letak unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
2. Bahasa surat meliputi ejaan, kosakata, dan kesopanan berbahasa.
3. Keefektifan kalimat

Menyunting Surat Lamaran Pekerjaan | Admin | 4.5