close

Organ Pada Manusia

Organ Pada Manusia – Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus yang dimainkan dalam tubuh manusia. Organ juga bekerja sama secara erat untuk membentuk sistem organ.
Sistem organ manusia meliputi:

☃☃ A. Sistem Gerak ☃☃

Sistem gerak terdiri dari tulang dan otot. Tulang merupakan alat gerak pasif, sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Hubungan antartulang dinamakan sendi. Sendi dibedakan menjadi empat macam yaitu sebagai berikut.
1. Sendi peluru, dapat digerakkan ke segala arah
2. Sendi engsel, dapat digerakkan hanya ke satu arah
3. Sendi pelana, dapat digerakkan ke dua arah
4. Sendi putar, memungkinkan terjadinya gerakan memutar
5. Sendi geser, memungkinkan adanya gerakan bergeser
Rangka manusia dibedakan menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut.
1. Tengkorak
2. Rangka badan
3. Rangka anggota gerak
Otot manusia dibedakan menjadi tiga macam yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

W1siZiIsIjIwMTUvMDQvMjEvMDkvNTYvMzYvNjMxL0xlc3Nvbi5fMjBUYWJlbF8yMEphcmluZ2FuXzIwT3RvdC5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XSxbInAiLCJjb252ZXJ0IiwiLWNvbG9yc3BhY2Ugc1JHQiAtc3RyaXAiLHsiZm9ybWF0IjoianBnIn1dXQ Organ Pada Manusia

☃☃ B. Sistem Pencernaan ☃☃

Sistem pencernaan terdiri dari bagian-bagian berikut.
1. Mulut
Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan ludah yang dapat membantu proses pencernaan makanan. Di mulut terjadi dua pencernaan makanan, yaitu secara mekanik (karena ada gigi) dan kimiawi (karena ada enzim ptialin).
2. Kerongkongan
Kerongkongan (esofagus) adalah bagian dari sistem pencernaan. Fungsi utama dari esofagus adalah untuk membantu dalam mengangkut dan mendorong makanan ke lambung.
3. Lambung
Dalam lambung terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Secara mekanik karena dalam lambung ada gerakan otot dinding lambung. Secara kimiawi dikarenakan kelenjar lambung menghasilkan enzim-enzim pencernaan yaitu pepsin dan renin.
4. Pankreas
Pankreas merupakan bagian integral dari sistem pencernaan. Fungsi kepala pankreas adalah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan insulin, suatu hormon yang mempengaruhi tingkat gula dalam darah.
5. Usus kecil
Usus kecil menghubungkan lambung dan usus besar. Usus kecil menyerap nutrisi dan mineral dalam makanan serta melewatkan makanan yang dicerna ke usus besar.
6. Usus besar
Fungsi utama usus besar adalah untuk menyerap air dan elektrolit dari sisa pencernaan dan menyimpan kotoran sampai diekskresikan.
7. Usus dua belas jari
Usus dua belas jari adalah bagian dari usus halus yang terletak setelah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong (jejunum). Panjang usus 12 jari 25 – 38 cm. Usus dua belas jari merupakan bagian terpendek dari usus halus. Usus dua belas jari bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus.
8. Anus
Anus adalah pembukaan—berupa lubang—yang merupakan bagian akhir dari rektum. Fungsi dari anus ini adalah sebagai tempat keluarnya feses (kotoran) ke lingkungan luar tubuh.

☃☃ C. Sistem Pernapasan ☃☃

Coba perhatikan organ-organ pernapasan berikut.

W1siZiIsIjIwMTUvMDQvMjEvMDkvNTYvMzYvNjMxL0xlc3Nvbi5fMjBUYWJlbF8yMEphcmluZ2FuXzIwT3RvdC5qcGciXSxbInAiLCJ0aHVtYiIsIjYwMHhcdTAwM2UiLHt9XSxbInAiLCJjb252ZXJ0IiwiLWNvbG9yc3BhY2Ugc1JHQiAtc3RyaXAiLHsiZm9ybWF0IjoianBnIn1dXQ Organ Pada Manusia

Organ pernapasan adalah sebagai berikut.
1. Hidung
Di dalam rongga hidung terdapat rambut hidung yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk saat proses bernapas.
2. Faring
Faring untuk membuat udara menjadi hangat, membasahi dan melewatkan udara ke paru-paru.
3. Laring
Laring adalah struktur tulang rawan yang berada di atas trakea dan berisi pita suara. Fungsi utama laring adalah untuk memberikan nada suara ketika kita berbicara. Laring juga melindungi trakea terhadap aspirasi makanan.
4. Tenggorokan
Tenggorokan adalah bagian dari leher yang terdiri dari faring dan laring. Fungsi utamanya adalah bertindak sebagai jalur untuk makanan yang menghubungkan mulut, hidung, kerongkongan, dan trakea.
5. Paru-paru
Paru-paru membantu dalam pernapasan dan merupakan organ yang paling penting dari sistem pernapasan. Di paru-paru terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida. Proses ini terjadi pada bagian alveolus.

☃☃ D. Sistem Peredaran Darah ☃☃

Sistem peredaran darah meliputi bagian-bagian berikut.
1. Jantung
2. Pembuluh darah
3. Darah

☃☃ E. Sistem Ekskresi ☃☃

Sistem ekskresi bertugas untuk mengeluarkan atau menghasilkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh manusia. Organ yang berperan dalam sistem ini antara lain:
1. ginjal;
2. paru-paru;
3. hati; dan
4. kulit.

☃☃ F. Sistem Reproduksi ☃☃

Sistem reproduksi melibatkan organ reproduksi wanita dan pria.
1. Ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi wanita, yang terletak di dinding lateral pelvis dan menempel pada rahim. Kedua ovarium terhubung satu sama lain dengan tuba fallopi.
2. Rahim (uterus). Bentuk rahim seperti buah pir. Rahim merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita dan ditempatkan di bagian bawah di perut. Rahim bertanggung jawab untuk memelihara ovum dan memegangnya sampai janin menjadi cukup matang untuk lahir.
3. Testis adalah sepasang organ berbentuk oval yang bertanggung jawab untuk memproduksi sperma pada laki-laki.

☃☃ G. Sistem Saraf ☃☃

Sistem saraf sangat berperan dalam iritabilitas tubuh. Iritabilitas adalah kemampuan menanggapi rangsangan. Untuk menanggapi rangsangan, ada tiga komponen yang harus dimiliki oleh sistem saraf, yaitu sebagai berikut.
1. Reseptor adalah alat penerima rangsangan atau impuls. Pada tubuh kita yang bertindak sebagai reseptor adalah organ indra.
2. Konduktor (penghantar impuls), dilakukan oleh sistem saraf itu sendiri.
3. Efektor adalah bagian tubuh yang menanggapi rangsangan.
Sistem saraf tersusun oleh sel-sel saraf atau neuron. Neuron inilah yang berperan dalam menghantarkan impuls (rangsangan). Sebuah sel saraf terdiri tiga bagian utama yaitu sebagai berikut.
1. Badan sel
Badan sel saraf merupakan bagian yang paling besar dari sel saraf. Badan sel berfungsi untuk menerima rangsangan dari dendrit dan meneruskannya ke akson.
2. Dendrit
Dendrit adalah serabut sel saraf pendek dan bercabang-cabang. Dendrit berfungsi untuk menerima dan mengantarkan rangsangan ke badan sel.
3. Neurit (akson)
Neurit berfungsi untuk membawa rangsangan dari badan sel ke sel saraf lain.

Organ Pada Manusia | Admin | 4.5