Pemberontakan DI/TII

In Pendidikan

Pemberontakan DI/TII – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui hal yang melatarbelakangi pemberontakan DI/TII dan berlangsungnya di sepenjuru Indonesia.

PEMBERONTAKAN DI/TII

Apakah faktor yang menyebabkan pemberontakan DI/TII ? Bagaimanakah berlangsungnya pemberontakan di beberapa wilayah Indonesia ? Berikut penjelasannya.

Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) adalah bentuk pemberontakan yang tersebar luas di beberapa daerah. Pemberontakan ini adalah salah satu dampak ketidakpuasan terhadap hasil Perjanjian Renville yang isinya memaksa penarikan mundur pasukan TNI dari beberapa daerah di Indonesia, salah satunya adalah Divisi Siliwangi di Bandung. Perintah penarikan mundur pasukan tersebut ditolak oleh sebagian pejuang Republik. Mereka menganggap negara Indonesia telah bubar karena tidak bisa mempertahankan kedaulatannya, sehingga kemudian membentuk Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII). Bahkan, pada tanggal 7 Agustus 1949, Kartosoewirdjo mendeklarasikan berdirinya Negara Islam Indonesia.

Berikut adalah beberapa tempat yang menjadi basis pemberontakan DI/TII :

1. Jawa Barat
Gerakan DI/TII di Jawa Barat dipimpin oleh Kartosoewirdjo. Di daerah inilah ia memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia pada 7 Agustus 1949. Operasi pasukan DI/TII menimbulkan kekacauan dengan merusak stabilitas keamanan negara karena merampok dan membunuh masyarakat. Selain itu, mereka juga menyerang pasukan dari Divisi Siliwangi yang hendak kembali ke wilayah Jawa Barat setelah ditarik pulang dari Divisi Jawa Tengah. Pemberontakan ini baru bisa ditumpas pada 1960 di bawah operasi TNI yang dinamakan ‘Operasi Pagar Betis’ dan ‘Operasi Bharatayudha’. Kartosoewirdjo sendiri tertangkap pada 4 Juni 1962 di Majalaya, Bandung.

2. Jawa Tengah
Pemberontakan di Jawa Tengah terbagi menjadi gerakan-gerakan pemberontakan kecil. Beberapa daerah yang menjadi basis operasi mereka adalah Tegal, Pekalongan, Kebumen, Kedu, Magelang dan Merapi-Merbabu. Dalam pemberontakan di beberapa daerah juga dipimpin oleh individu yang berbeda-beda. Tercatat pimpinan pemberontakan di Jawa Tengah ini adalah Amir Fatah, Kyai Sumolangu, dan Batalyon 426. Untuk memberantas pemberontakan akhirnya dilakukan operasi militer ‘Banteng Negara’ dan ‘Merdeka Timur’ di bawah pimpinan Letkol Soeharto.

3. Kalimantan Selatan
Aksi pemberontakan di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar dengan Gerakan KRYT (Kesatuan Rakyat Yang Tertindas). Pemberontakan ini berakhir ketika, pada tahun 1959, Ibnu Hajar berhasil ditangkap dan divonis hukuman mati pada Juli 1963 melalui Mahkamah Militer Luar Biasa.

4. Sulawesi Selatan
Kahar Muzakar memimpin pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan. Para pemberontak bergabung dengan Komando Gerilya Sulawesi Selatan (KGSS). Latar belakang pemberontakan ini ialah luapan kekecewaan Kahar Muzakar karena tidak semua anggota KGSS yang lulus seleksi diangkat menjadi anggota APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat). Perlawanan Kahar Muzakar berakhir pada tahun 1965.

5. Aceh
Pemberontakan di Aceh dilatarbelakangi karena kekecewaan terhadap status kedudukan Aceh yang diturunkan dari Daerah Istimewa menjadi Karesidenan di bawah Provinsi Sumatera Utara. Pemberontakan ini dipimpin oleh Tengku Daud Beureuh, yang menyatakan Aceh sebagai bagian dari DI/TII Kartosoewirdjo pada September 1953. Berbeda dengan daerah lain, pemberontakan di Aceh diatasi bukan dengan operasi penumpasan, melainkan melalui sebuah perundingan yang disebut ‘Musyawarah Kerukunan Rakyat Aceh’.

RANGKUMAN

1) DI/TII adalah gerakan pemberontakan yang mendeklarasikan Negara Islam Indonesia .
2) Pemberontakan DI/TII terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Tags: #Pemberontakan DI/TII

author
Author: 
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional – Apa
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional – Apa sajakah
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Must read×

    Top