close

Pengantar Kimia Redoks

Advertisement

Pengantar Kimia Redoks – Perubahan kimiawi atau reaksi kimia dapat digolongkan berdasarkan jenisnya; mis. Penggantian Tunggal dan Penggantian Ganda, Pembakaran, Asam/Basa, Sintesis dan Dekomposisi atau dengan bagaimana reaksinya terjadi; mekanisme reaksi.

Dua yang paling penting dari mekanisme reaksi adalah transfer proton dan transfer elektron. Transfer proton terjadi dalam reaksi Asam/Basa dan transfer elektron terjadi dalam reaksi Redoks, yang menjadi tema topik ini.

Reaksi Redoks barangkali adalah kelompok terbesar reaksi kimia dan penting dalam kimia biologi dan industri . Reaksi kimia Redoks meliputi; pencernaan makanan, pertumbuhan tanaman oleh fotosintesis, pembakaran bahan bakar dalam mesin, pemisahan logam dari bijihnya dan baterai.

Redoks adalah singkatan untuk Reduksi/Oksidasi dan sesuai dengan namanya menyiratkan dua proses. Agar reaksi Redoks terjadi elektron harus ditransfer dari satu jenis kimiawi (atom, ion, molekul) ke yang lainnya. Jenis yang dilepaskan, atau dihilangkan, elektron mengalami Oksidasi (adalah teroksidasi) dan disebut Zat Pereduksi atau Reduktor dan jenis yang menerima, atau mendapatkan elektron mengalami Reduksi (adalah tereduksi) dan disebut Zat Pengoksidasi atau Oksidator.

Pereduksi mengurangi Oksidator dengan menyumbangkan elektron kepada Oksidator dan dalam prosesnya sendiri teroksidasi. Oksidator mengoksidasi Pereduksi dengan menerima elektron dari Pereduksi dan dalam proses ia sendiri terkurangi.

Ini sangat penting dimengerti bahwa setengah dari reaksi Redoks tidak dapat terjadi tanpa yang lainnya, agar reaksi terjadi harus ada donor elektron (Pereduksi) dan penerima elektron (Oksidator).
Reduksi dan Oksidasi dapat dikenali dengan beberapa cara, beberapa dengan memeriksa persamaan kimia dan yang lainnya lebih kepada cara matematis. Dua proses yang lebih matematis; Metode Bilangan Oksidasi dan Metode Setengah-Sel didiskusikan pada topik selanjutnya, di sini kita akan berhadapan dengan metode pemeriksaan yang lebih sederhana dengan menentukan jika reaksi Redoks telah terjadi.
Oksidasi mendapatkan namanya dari “berekasi dengan oksigen”, ini bukan bermaksud bahwa semua reaksi Oksidasi melibatkan oksigen, namun ini permulaan yang bagus. Jadi jika suatu jenis telah menerima oksigen selama reaksi peluangnya adalah ia telah dioksidasi dan dengan demikian ia sendiri Pereduksi:

C  +  O2 >  CO2  Atom karbon telah berekasi dengan molekul oksigen untuk membentuk karbon dioksida, ia telah menerima oksigen dan dengan demikian telah teroksidasi. Pada saat yang sama oksigen telah dikurangi oleh karbon. Sehingga karbon adalah pengurang dan pengoksidasi oksigen.

Oksidasi dapat juga dikenali dengan kehilangan atom hidrogen atau oleh atom netral menjadi ion negatif:

Pada H2S >  S + H2 atom belerang telah kehilangan dua atom hidrogen dan telah teroksidasi. Sama halnya dengan atom hidrogen dalam H2S telah dikurangi menjadi hidrogen dasar, H2.

Besi, Fe berkarat menjadi Fe2+ dan Fe3+ adalah contoh oksidasi sebab Fe kehilangan elektron untuk membentuk ion positif.

Ion klorida, Cl bereaksi membentuk dasar Cl2 juga oksidasi karena setiap ion klorida kehilangan elektron menjadi atom klorida. (Dua atom kemudian digabungkan membetuk molekul.)

Pada sisi lain tabel keseimbangan Redoks adalah Reduksi. Reduksi mendapatkan namanya dari pengurangan suatu bijih menjadi logamnya. Reduksi dapat dianggap lawan dari Oksidasi. Jadi Reduksi adalah kehilangan oksigen, mendapat hidrogen, membetuk unsur-unsur dari ion positif atau unsur pembentukan ion negatif.
Ini adalah contoh-contoh Reduksi: (Hanya melihat satu jenis bereaksi dalam reaksi dan hasil yang sesuai)
SO2  > S
CO2  > CH4
Cu2+  > Cu
Br2  > Br
Ringkasnya:
Dalam reaksi 2 Mg  +  O2 > 2 MgO (Mg2+ and O2-), tiap atom magnesium atom kehilangan 2 elektron dan telah teroksidasi menjadi Mg2+. Tiap-tiap atom eksigen mendapatkan 2 elektron dan telah dikurangi menjadi O2-. Mg adalah Zat Pereduksi (Reduktor) dan O2 Zat Pengoksidasi (Oksidator).
Sudah siap mencoba beberapa sendiri?
Advertisement
Pengantar Kimia Redoks | Admin | 4.5