close

Pengertian dan Pembentukan Harga Keseimbangan

Pengertian dan Pembentukan Harga Keseimbangan – Harga keseimbangan terbentuk setelah hukum penawaran dan permintaan mencapai titik keseimbangannya. Bagaimanakah proses terbentuknya harga keseimbangan? Mari kita cermati materi pelajaran kali ini.

Hukum permintaan menjelaskan tentang tingkat harga yang bersedia pembeli keluarkan untuk setiap barang yang akan dikonsumsi. Sedangkan hukum penawaran, justru sebaliknya. Menunjukkan tingkat harga yang diinginkan penjual ketika menjual barang. Karena perbedaan harga inilah maka akan ditemukan satu titik yang sama yang sering kita sebut sebagai harga keseimbangan. Dimana penjual dan pembeli menyepakatinya untuk harga sebuah barang. Di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai harga keseimbangan ini.

A. PENGERTIAN HARGA KESEIMBANGAN

1. Pengertian Harga
Harga merupakan kemampuan atau nilai sesuatu yang diukur dengan uang. Jadi harga barang adalah kemampuan suatu barang untuk ditukarkan atau dinilai dengan uang. Suatu barang mempunyai harga tinggi jika barang tersebut ditukarkan akan mendapat uang yang banyak. Dengan uang dapat dibedakan harga suatu barang dengan harga barang lain.

Dari sudut produsen/penjual harga merupakan ukuran nilai objektif yang terkandung dalam produk. Harga tersebut merupakan akumulasi dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan ditambah dengan keuntungan yang diharapkan. Sedangkan harga bagi konsumen merupakan biaya yang harus dibayarkan kepada produsen atau penjual sebagai penukar untuk memiliki produk tersebut.

2. Harga Keseimbangan
Kecenderungan pembeli ialah menginginkan harga murah dengan kualitas yang bagus sedangkan penjual mempunyai kecenderungan untuk mendapatkan keuntungan banyak. Kecenderungan yang berlawanan seperti ini tidak akan menghasilkan transaksi jika tidak ada kesepakatan harga.

Harga keseimbangan disebut juga dengan harga pasar. Harga keseimbangan adalah suatu keseimbangan antara jumlah barang yang diminta dengan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu harga tertentu. Disebut sebagai harga keseimbangan karena jumlah barang yang diminta dan barang yang ditawarkan adalah sama. Harga keseimbangan (equilibrium price) adalah harga yang terbentuk dari titik temu antara permintaan dan penawaran.

B. PROSES TERBENTUKNYA HARGA KESEIMBANGAN

Masih ingatkah kamu pembahasan kita mengenai permintaan dan penawaran? Hal apa yang berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran? Bukankah harga merupakan salah satunya? Apakah yang terjadi apabila permintaan dan penawaran bersama-sama berada dalam suatu pasar? Marilah bersama kita bahas permasalahan tersebut. Faktor terpenting dalam pembentukan harga adalah kekuatan permintaan dan penawaran.

Permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar jika jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Keseimbangan pasar terbentuk karena kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran.

Di samping kekuatan permintaan dan penawaran, perkembangan harga juga berubah mengikuti situasi dan kondisi ekonomi. Jadi walaupun harga pasar bertahan pada tingkat tertentu dalam waktu yang relatif lama, tetapi jarang ada yang tetap. Dari waktu ke waktu harga berubah, naik dan turunnya tergantung pada kekuatan pasar dan kondisi yang dihadapi. Mungkin pada saat tertentu produk masih bertahan pada suatu tingkat harga tertentu, harga produk lain tidak berubah naik atau turun.

W1siZiIsIjIwMTUvMDMvMjAvMDIvMDIvMzQvMjI4L2t1cnZhXzIwaGFyZ2FfMjBrZXNlaW1iYW5nYW4ucG5nIl0sWyJwIiwidGh1bWIiLCI2MDB4XHUwMDNlIix7fV1d Pengertian dan Pembentukan Harga Keseimbangan

Kurva di atas menggambarkan contoh titik harga keseimbangan. Harga daging sapi menemukan titik harga keseimbangannya di harga Rp. 24.000 yang disepakati oleh penjual dan pembeli dengan ketersediaan barang sebanyak 25 kg.

Pengertian dan Pembentukan Harga Keseimbangan | Admin | 4.5