close

Perang di Afghanistan

Advertisement

Perang di Afghanistan – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui tentang sejumlah konflik yang terjadi di Afghanistan.

PERANG DI AFGHANISTAN

Bagaimanakah latar belakang terjadinya berbagai konflik di Afghanistan? Siapa saja pihak yang terlibat di dalamnya? Berikut penjelasannya.

Afghanistan adalah sebuah negara yang akrab dengan konflik. Baik peperangan dengan negara lain maupun perang saudara sering terjadi di dalam negeri. Berikut adalah beberapa perang yang terjadi di Afghanistan:

I. Perang Uni Soviet – Afghanistan
Perang ini dimulai pada 25 Desember 1979. Konflik yang terjadi melibatkan dua negara adikuasa di masa itu, yakni Amerika Serikat dan Uni Soviet. Di masa terjadinya konflik, negara Afghanistan terpecah ke dalam 2 blok, yakni pemerintahan berkuasa yang disokong oleh Partai Demokrasi Rakyat Afghanistan dan bercorak Marxis-Lenin sekaligus sebagai mitra dari Uni Soviet. Dan, pihak di luar pemerintahan yang disebut sebagai mujahidin, yaitu pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintahan dengan bantuan dari beberapa negara Sekutu, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Pakistan.
Uni Soviet melakukan invasi ke Afghanistan untuk membantu pemerintahan berkuasa melawan pemberontak mujahidin. Dalam beberapa kali konflik dengan pemberontak yang juga didukung oleh beberapa negara sekutu, Uni Soviet mengalami kekalahan karena minimnya kemampuan tempur pasukan yang dikirim menghadapi tentara pemberontak yang menyerang dengan cara bergerilya. Pasukan Uni Soviet resmi ditarik mundur dari Afghanistan pada 20 Juli 1987.

II. Perang Saudara Afghanistan
Perang saudara Afghanistan terjadi pasca mundurnya Uni Soviet dari wilayah Afghanistan. Peperangan yang terjadi masih antara kaum mujahidin dengan pemerintahan berkuasa pimpinan Najibullah. Perang ini berakhir pada April 1992 dengan kekalahan di pihak pemerintahan dan memberikan jalan bagi mujahidin untuk berkuasa di ibukota Afghanistan, Kabul.

III. Invasi Amerika Serikat ke Afghanistan
Invasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat ke Afghanistan dilatarbelakangi peristiwa 9/11. Kedua peristiwa ini adalah satu kesatuan yang terkait satu sama lain. Pada 11 September 2001, terjadi serangan sekelompok teroris ke Amerika Serikat. Serangan ini melibatkan pembajakan 4 pesawat komersial Amerika Serikat, yang kemudian dua di antaranya ditabrakkan ke gedung WTC (World Trade Center), sedangkan satu pesawat ditabrakkan ke gedung Dewan Pertahanan AS, Pentagon. Satu pesawat lagi jatuh setelah adanya upaya menggagalkan pembajakan dari penumpang pesawat tersebut.
Dalam penyelidikan pasca peristiwa 9/11, diketahui bahwa serangan teror dipimpin oleh Osama bin Laden, seorang tokoh Al Qaeda. Sebagai tindak lanjut dari seruan Presiden AS, George Bush, maka Amerika Serikat pun memberikan ultimatum kepada Afghanistan yang disinyalir menyembunyikan pimpinan Al Qaeda tersebut untuk menyerahkan buronan paling dicari di AS tersebut agar bisa diadili atas tindakan teror yang dilakukannya.
Ultimatum AS tersebut tidak mendapat tanggapan yang baik dari pemerintahan Afghanistan. Sebagai upaya perlawanan terhadap teror, maka dikirimlah pasukan militer AS bersama dengan militer Inggris untuk menyerang Afghanistan pada 7 Oktober 2001. Penyerangan itu juga dilakukan untuk menggulingkan rezim Taliban yang saat itu berkuasa di Afghanistan, untuk digantikan dengan pemimpin lain yang lebih pro Amerika.

RANGKUMAN

1) Afghanistan adalah sebuah negara yang akrab dengan konflik. Baik peperangan dengan negara lain maupun perang saudara sering terjadi di dalam negeri.
2) Beberapa perang yang terjadi di Afghanistan adalah Perang Uni Soviet – Afghanistan, Perang Saudara Afghanistan, dan Invasi Amerika Serikat ke Afghanistan.

 

Advertisement
Perang di Afghanistan | Admin | 4.5