close

Perbedaan antara Larutan, Koloid, dan Suspensi

Perbedaan antara Larutan, Koloid, dan Suspensi – Dalam topik ini, kita akan membahas perbedaan antara larutan, koloid, dan suspensi. Sebelum kita membahas topik ini, mari terlebih dahulu kita mempelajari tentang sistem koloid yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Pernahkah kalian memperhatikan sabun, detergen, dan shampo yang bila digunakan menghasilkan buih? Buih sabun, buih detergen, dan buih shampo tersebut merupakan contoh dari koloid. 


Selain itu, cobalah perhatikan asap yang dihasilkan dari knalpot kendaraan bermotor dan asap hasil pembakaran sampah. Asap tersebut juga merupakan contoh dari koloid. Agar-agar yang kita makan, susu yang kita minum, dan tepung kanji yang kita gunakan juga merupakan contoh dari koloid. 

Selanjutnya, pernahkah kalian memperhatikan tepung kanji yang dimasukkan ke dalam air panas? Tepung kanji akan membentuk sistem dispersi dengan air sebagai medium pendispersi dan tepung kanji sebagai zat terdispersi. Berdasarkan ukuran partikelnya, sistem dispersi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu larutan, koloid, dan suspensi.
Apakah kalian sudah memahami contoh-contoh koloid dan pembagian sistem dispersi di atas? Baiklah, selanjutnya mari kita membahas tentang perbedaan antara larutan, koloid, dan suspensi.

1. Pengertian Larutan, Koloid, dan Suspensi

• Larutan merupakan campuran homogen yang terdiri atas zat terlarut dan zat pelarut. Contohnya larutan gula dan larutan garam.
• Koloid merupakan suatu bentuk campuran yang ukuran partikelnya di antara ukuran partikel larutan dan suspensi. Contohnya agar-agar, susu, dan asap.
• Suspensi merupakan campuran yang kasar dan heterogen. Suspensi terdiri dari dua fase. Contohnya air sungai yang keruh bercampur pasir, campuran tepung dan air, serta bubuk kopi dan air.

2. Perbedaan antara Larutan, Koloid, dan Suspensi

W1siZiIsIjIwMTQvMTIvMTcvMTAvMTMvNDkvMTY1L0xlc3Nvbl8yMHRhYmVsLmpwZyJdLFsicCIsInRodW1iIiwiNjAweFx1MDAzZSIse31dLFsicCIsImNvbnZlcnQiLCItY29sb3JzcGFjZSBzUkdCIC1zdHJpcCIseyJmb3JtYXQiOiJqcGcifV1d Perbedaan antara Larutan, Koloid, dan Suspensi

Contoh Soal

1. Diameter partikel koloid berukuran….
a. antara 10-7 cm dan 10-5 cm
b. antara 10-5 cm dan 10-3 cm
c. antara 10-4 cm dan 10-1 cm
d. < 10-7 cm
e. > 10-5 cm
Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
• Larutan: Diameter partikel < 10-7 cm
• Koloid: Diameter partikelnya 10-7 – 10-5 cm
• Suspensi: Diameter partikel > 10-5 cm
Petunjuk: perhatikan ukuran diameter partikel koloid.
2. Berikut ini yang merupakan contoh dari pertikel koloid adalah….
a. buih sabun
b. larutan gula
c. larutan garam
d. air sungai yang keruh
e. minyak dan air yang bercampur

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
• Contoh larutan: larutan gula dan larutan garam.
• Contoh koloid: buih sabun, agar-agar, susu, dan asap.
• Contoh suspensi: air sungai yang keruh bercampur pasir, campuran tepung dan air, bubuk kopi dan air.

Itulah artikel Perbedaan antara Larutan, Koloid, dan Suspensi. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Perbedaan antara Larutan, Koloid, dan Suspensi | Admin | 4.5