Perkembangan Politik Perang Dingin

In Pendidikan

Perkembangan Politik Perang Dingin – Setelah mempelajari bahasan berikut, kalian diharapkan dapat mendeskripsikan mengenai perang dingin beserta dampak yang ditimbulkannya.

{PERKEMBANGAN POLITIK PERANG DINGIN}
Apakah yang dimaksud dengan perang dingin ? Bagaimanakah dampak dari perang dingin ? Mari kita simak materi berikut.

A. PENGERTIAN PERANG DINGIN
Perang dingin adalah suatu konflik ketegangan yang terjadi pada tahun 1947-1991 antara Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Istilah ‘Perang Dingin’ diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman dari Amerika Serikat untuk menggambarkan hubungan kedua negara tersebut. Peristiwa ini dinamakan Perang Dingin karena kedua pihak tidak pernah terlibat langsung dalam aksi militer, namun masing masing negara memiliki potensi senjata berupa nuklir yang dapat menyebabkan kehancuran besar.

Aksi Perang Dingin antara dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Uni Soviet, dilakukan dalam berbagai hal, yaitu kompetisi koalisi militer, penyebaran ideologi dan pengaruhnya, memberikan bantuan kepada negara lain, spionase, propaganda gencar untuk menarik negara netral, kompetisi teknologi, persenjataan, hingga persaingan di ajang olahraga internasional. Persaingan keduanya membuat dunia khawatir bahwa perang ini akan berakhir dengan perang nuklir, yang pada akhirnya tidak terjadi.

B. AWAL MUNCULNYA PERANG DINGIN

Peristiwa perang dingin berawal setelah keberhasilan Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam mengalahkan Jerman di Perang Dunia II. Berakhirnya Perang Dunia II menyebabkan Amerika Serikat dan Uni Soviet tampil sebagai negara adikuasa (super power) di dunia. Akibat ketidaksepahaman ideologi, Amerika dan Uni Soviet pun berselisih.
Uni Soviet bersama dengan negara-negara di Eropa Timur membentuk Blok Timur dan Pakta Warsawa yang terdiri dari Uni Soviet , Albania , Bulgaria , Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania. Sedangkan Amerika Serikat bersama sekutu Blok Barat membentuk aliansi militer NATO (North Atlantic Treaty Organization) yang beranggotakan Inggris, Irlandia, Norwegia, Denmark, Belanda, Belgia, Luksemburg, Perancis, Portugal, serta Kanada, yang bermarkas di Brussel (Belgia). Beberapa negara memilih untuk memihak salah satu dari kedua adidaya ini, namun yang lainnya memilih untuk netral dengan mendirikan Gerakan Non-Blok.

C. FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERANG DINGIN

Faktor faktor yang menyebabkan terjadinya Perang Dingin, antara lain :
1. Perbedaan dan pertentangan ideologi
Berhasilnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai sekutu dalam mengalahkan Jerman tidak menjamin perdamaian. Akibat perlakuan penganut ideologi liberal-kapitalis, yakni Amerika Serikat, yang semena-mena maka lahirlah ideologi komunis dengan dipelopori Uni Soviet sebagai bentuk penentangan.

2. Perebutan dominasi kepemimpinan
Amerika Serikat dan Uni Soviet bersaing menjadi negara paling berpengaruh di dunia dengan menyebarluaskan ideologi mereka masing-masing. Amerika Serikat menyebarkan paham liberal dengan membantu negara yang jatuh akibat Perang Dunia II, seperti Turki, Yunani, serta beberapa negara Eropa dan Asia dengan mengeluarkan sejumlah kebijakan, seperti Marshall Plan, agar negara-negara tersebut tidak jatuh dalam pengaruh Uni Soviet.
Sebaliknya, untuk membentengi pengaruh Amerika Serikat, Uni Soviet menyebarkan pengaruh komunis kepada negara yang baru merdeka dengan membentuk Cominfrom (Organisasi Komunis Internasional) sebagai alat penyebaran ideologi. Selain itu, Uni Soviet juga berusaha mendekati rakyat yang sedang memperjuangkan kemerdekaannya dengan mengirimkan tenaga ahli dan peralatan militer.

D. DAMPAK PERANG DINGIN

  1. Dampak Positif Dampak positif terjadinya Perang Dingin, di antaranya : • Bidang Ekonomi Munculnya negara adikuasa yang merupakan pemegang modal berdampak baik bagi perekonomian dunia. Kedua negara adikuasa bersaing untuk menginvestasikan modalnya ke negara-negara berkembang, sehingga menyebabkan perekonomian di negara yang mendapatkan investasi berkembang pesat. • Bidang Teknologi Pada masa Perang Dingin, teknologi terus dikembangkan oleh negara negara yang berseteru, terutama yang berkaitan dengan militer dan persenjataan. Salah satu manfaat dari perkembangan teknologi ini adalah penjelajahan ruang angkasa dan tata surya. • Bidang Sosial Budaya Penindasan yang terjadi pada masa Perang Dingin mulai menyebarluaskan pemahaman mengenai hak asasi manusia (HAM). Lambat laun, rakyat mempercayai pentingnya penegakan demokrasi dan menghindari penindasan terhadap yang lemah.
  2. Dampak Negatif Dampak negatif Perang Dingin terjadi di berbagai bidangm yaitu : • Bidang Militer Adanya senjata nuklir yang dikembangkan oleh kedua negara adikuasa menyebabkan dunia mengalami ketakutan yang luar biasa mengantisipasi kemungkinan perang nuklir. • Bidang Politik Perbedaan paham antara Jerman Barat (liberal) dengan Jerman Timur (komunis) menyebabkan dibangunnya tembok Berlin di Jerman yang membatasi kedua bagian Jerman. Hal ini dilakukan Uni Soviet agar penduduk Jerman Timur tidak berpindah ke Jerman Barat.

E. AKHIR PERANG DINGIN

Pada tahun 1970-an, negara komunis mulai mengalami kebangkrutan. Hal ini disebabkan oleh praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme yang menimbulkan ketidakpuasan rakyat. Pada masa itu, muncullah sosok Mikhail Gorbachev sebagai pemimpin Uni Soviet. Gorbachev mengadakan perundingan dengan Presiden Amerika Serikat, George Bush, yang berujung pada deklarasi perdamaian. Gorbachev mengakui bahwa sistem komunis telah gagal di Uni Soviet. Di akhir 1991, Uni Soviet runtuh dan terpecah menjadi Negara Persemakmuran (Commonwealth of Independent State) yang menandai berakhirnya Perang Dingin.

[keypoint]
1) Perang dingin adalah konflik ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet tanpa aksi militer secara langsung.
2) Perang dingin terjadi akibat adanya perbedaan ideologi dan perebutan gelar sebagai negara paling berpengaruh di dunia.
3) Perang dingin berlangsung melalui persaingan teknologi, persenjataan, ideologi, spionase, dan propaganda.

Tags: #Perkembangan Politik Perang Dingin

author
Author: 
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional
    Valuta Asing dan Cara Pembayaran Internasional – Apa
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional
    Hakikat, Manfaat, Kebijakan Perdagangan Internasional – Apa sajakah
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor Leste
    Definisi Negara Laos, Kamboja, Myanmar, dan Timor
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Definisi Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan Vietnam
    Must read×

    Top