close

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Advertisement

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia – Persebaran flora dipermukaan bumi berdasarkan sifat klimatik dibagi menjadi 3, antara lain :

1. Tipe biome tropik dan sub tropik

2. Tipe biome daerah iklim sedang

3. Tipe biome kutub dan pegunungan tinggi

Flora berdasarkan tingkat kelembaban lingkungan habitatnya :

1. Xerophyta, tumbuhan yang sangat tahan terhadap lingkungan yang kering. Contoh : kaktus.

2. Mezophyta, tumbuhan yang sangat cocok hidup di lingkungan yang lembab. Contoh : anggrek, cendawan.

3. Tropophyta, tumbuhan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan musim hujan dan kemarau dan merupakan flora khas wilayah iklim muson tropis.

4. Hygrophyta, tumbuhan yang cocok hidup di daerah basah. Contoh : enceng gondok, teratai, dan selada air.

Persebaran Fauna di dunia :

1. Paleartic, meliputi di Siberia, Afrika Utara, dan beberapa kawasan di Asia Timur. Fauna : harimau siberia, beruang kutub, dan rusa.

2. Neartic, meliputi sebagian besar Amerika Utara dan Greenland (kutub utara sampai dengan subtropis). Fauna : antelope, rusa, dan beruang.

3. Neotropic, meliputi Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Mexico. Fauna : primata, kelelawar, rodent, trenggiling, dan kukang.

4. Ethiopian, meliputi Afrika dan Madagaskar. Fauna : gajah afrika, gorila gunung, jerapah, dan lain-lain.

5. Oriental meliputi India, Cina, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Fauna : harimau sumatra, tapir malaysia, gajah india, kerbau air, badak, dan lain-lain.

PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

Wallace membagi dalam 3 bagian yaitu bagian barat, bagian peralihan, dan bagian timur. Yang dipisahkan oleh Garis Wallace dan Garis Webber.

a. Fauna Indonesia Barat (Asiatis) ; wilayah fauna Tanah Sunda

Menempati Indonesia bagian barat dari Selat Malaka sampai Selat Lombok. Jenis hewannya sama dengan jenis hewan Asia, terdiri atas hewan menyusui yang besar.

b. Fauna Indonesia Timur (Australis) ; wilayah fauna Tanah Sahul

Menempati Indonesia bagian timur meliputi Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Jenis hewannya sama dengan hewan jenis Australia, terdiri atas hewan menyusui yang kecil.

c. Fauna Bagian Tengah (Peralihan) ; wilayah fauna Kepulauan Wallacea

Meliputi fauna di wilayah sebalah timur Selat Lombok sampai sebelah barat Papua. Jenis hewannya merupakan jenis fauna Asiatis dan Australis (peralihan).

Persebaran flora di Indonesia Wallace juga membaginya dalam 3 bagian yang dipisahkan oleh Garis Wallace (di sebelah barat Sulawesi dan NTT) dan Garis Weber (di sebelah timur Sulawesi dan NTT) sebagai berikut.

a. Flora Sumatera dan Kalimantan

Wilayah Sumatera dan Kalimantan sebagian besar merupakan wilayah yang beriklim tropik (Af), dengan tingkat kelembaban udara relatif tinggi dan curah hujan selalu tinggi sepanjang tahun.

b. Flora Jawa dan Bali

Pulau Jawa dan Bali mempunyai tingkat curah hujan dan kelembaban udaranya semakin ke arah timur semakin berkurang. Wilayah Jawa Barat di dominasi iklim hutan hujan tropik (Af) dan iklim muson tropik (Am), semakin ke arah timur ditemui wilayah iklim sabana tropik (Aw) di Pulau Bali.

c. Flora Kepulauan Wallace

Wilayah Kepulauan Wallace mempunyai iklim yang lebih kering dan tingkat kelembaban udaranya lebih rendah daripada wilayah Indonesia yang lainnya.

d. Flora Papua

Vegetasi sebagian besar adalah hutan hujan tropik (Af). Contohnya agathis nipa, kayu putih (eucalyptus), rotan dan anggrek.

Itulah artikel Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Advertisement
Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia | Admin | 4.5