close

Saluran dan Dampak Mobilitas Sosial

Advertisement

Saluran dan Dampak Mobilitas Sosial – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai saluran dan dampak mobilitas sosial.

SALURAN DAN DAMPAK MOBILITAS SOSIAL

Dalam melakukan mobilitas sosial, tersedia berbagai saluran yang dapat digunakan. Di era modernisasi dan globalisasi, individu memanfaatkan berbagai saluran tersebut dengan penuh semangat guna menggapai lapisan sosial yang lebih tinggi. Apakah saluran mobilitas sosial ? Bagaimanakah dampak positif dan negatif dari mobilitas sosial ? Mari simak bahasan berikut.

A. SALURAN MOBILITAS SOSIAL

Para sosiolog mengemukakan bahwa mobilitas sosial secara vertikal dapat dilakukan melalui beberapa saluran, di antaranya :

a) Angkatan bersenjata
Dalam keadaan perang, dimana setiap pihak (negara) tentunya menghendaki kemenangan, maka jasa seorang prajurit angkatan bersenjata akan dipandang sangat berharga.

b) Lembaga pendidikan
Pada umumnya, lembaga pendidikan dinilai merupakan saluran yang konkret dari mobilitas sosial vertikal, bahkan lembaga pendidikan formal kerap dianggap sebagai social elevator yang bergerak dari kedudukan paling rendah menuju ke kedudukan tertinggi. Pendidikan dapat digunakan untuk membantu penduduk dalam meningkatkan taraf hidupnya ke tingkat yang lebih tinggi melalui usaha mereka sendiri.

c) Lembaga keagamaan
Pada masyarakat yang religius, dengan menjadi tokoh atau pemuka agama, seseorang akan memiliki kedudukan yang tinggi tanpa melihat asal strata sosialnya.

d) Organisasi politik
Saluran ini, dalam banyak kasus, terbukti memberi kesempatan yang cukup besar bagi setiap anggotanya untuk memperoleh kedudukan tinggi. Sebagai contoh pada partai politik, bagi mereka yang giat berorganisasi dan dipandang memiliki kemampuan, akan diberikan kesempatan untuk dipilih menduduki jabatan publik.

e) Organisasi ekonomi
Organisasi ini, baik yang bergerak dalam bidang produksi, distribusi, maupun konsumsi, umumnya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seseorang untuk melakukan mobilitas sosial vertikal.
Selain itu, juga ada saluran lain yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan mobilitas sosial vertikal, misalnya, organisasi keahlian, perkawinan, dan sebagainya.

B. DAMPAK MOBILITAS SOSIAL

Secara umum, dampak dari proses mobilitas sosial dapat dibedakan atas dua bagian, sebagai berikut :

1) Dampak positif
• Individu maupun kelompok sosial akan termotivasi untuk mengembangkan kemampuan dan bekerja keras karena adanya kesempatan pindah strata.
• Mobilitas sosial diyakini mampu mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.
• Adanya penyesuaian kembali dalam berbagai aspek kehidupan sosial, setelah berlangsungnya perubahan akibat mobilitas sosial, didasari oleh rasa toleransi atau saling menghargai.

2) Dampak negatif
• Memungkinkan terjadinya ketidakpuasan dan ketidakbahagiaan dalam diri individu karena impian yang diidamkan (perbaikan status) mungkin tidak semuanya dapat dicapai dengan mudah.
• Kecemasan akan terjadinya penurunan status dan kehilangan hak-hak tertentu bila terjadi mobilitas sosial vertikal ke bawah (social sinking).
• Ketegangan dalam mempelajari peran baru dari status yang diterima akibat mobilitas.
• Keretakan hubungan seseorang dengan anggota kelompok primer yang semula karena ia harus berpindah ke lapisan sosial lebih tinggi atau lebih rendah.
• Merenggangkan ikatan sosial yang telah lama terjalin, sehingga memungkinkan terjadinya keterasingan di antara warga masyarakat.
• Terjadinya berbagai bentuk konflik, mencakup konflik antar kelas (akibat perbedaan kepentingan), konflik antar kelompok sosial (jika salah satu kelompok berusaha untuk menguasai, mengalahkan kelompok lain, atau memaksakan kehendak sehubungan keinginan melakukan mobilitas sosial), atau pun konflik antar generasi (terjadi antara generasi tua yang yang mempertahankan nilai-nilai lama dan generasi muda yang ingin mengadakan perubahan).

RANGKUMAN

1) Saluran mobilitas yang ada dalam masyarakat, antara lain, angkatan bersenjata, lembaga pendidikan, lembaga keagamaan, organisasi politik, serta organisasi ekonomi.
2) Mobilitas sosial memiliki dampak positif dan negatif, baik bagi individu maupun kelompok.

Advertisement
Saluran dan Dampak Mobilitas Sosial | Admin | 4.5