close

Teknik Pembacaan Berita yang Tepat

Advertisement

Teknik Pembacaan Berita yang Tepat – Siswa mampu membaca berita dengan teknik pembacaan berita yang tepat.

Definisi berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah informasi atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang terjadi yang masih hangat atau aktual dan faktual.

Membacakan Naskah Berita

Membacakan berita tidak hanya membaca kata-kata atau kalimat, tetapi bagaimana mengomunikasikan suatu informasi secara lisan dengan tepat, cepat, dan menyenangkan sehingga dapat menarik pendengar/pemirsa untuk mendengarkan berita yang disampaikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membacakan berita, yaitu intonasi, lafal, kejelasan, ucapan, serta sikap yang baik agar berita yang disampaikan mendapat perhatian dan berita yang disampaikan tepat pada sasaran.

a. Intonasi

Intonasi adalah tinggi rendahnya ucapan atau nada, cepat lambatnya suara dan tekanan pada kata-kata dalam kalimat. Tinggi rendah, cepat lambat, dan tekanan pada kata-kata akan mempengaruhi makna dari kata tersebu. Hal itu disebakan intonasi sangat berpengaruh terhadap pemaknaan kalimat atau isi berita. Dengan kata lain, komponen intonasi adalah penjedaan, tekanan nada, tekanan tempo, tekanan dinamik.

b. Penggunaan Lafal

Membaca berita harus menggunakan lafal yang tepat sesuai dengan bunyi bahasa Indonesia.

c. Kejelasan Ucapan

Kalimat yang diucapkan oleh pembaca berita harus jelas, tidak seperti orang bergumam sehingga pendengar/pemirsa dapat memahami isi berita yang disampaikan.

d. Sikap Membaca

Sikap yang harus dimiliki pembaca berita yaitu olah suara, percaya diri, ekspresi, sikap tubuh, pandangan mata, cara memegang teks dan penampilan. Sikap yang baik saat membaca berita yaitu meletakkan tangan di atas meja dan mengarahkan pandangan ke depan ke arah pemirsa.

Perhatikan Contoh

Perhatikan contoh pembacaan berita dalam “audio a” berikut ini!

Advertisement
Teknik Pembacaan Berita yang Tepat | Admin | 4.5